Mengapa orang membuat Spyware

Spyware dan adware merupakan salah satu jenis malware yang banyak ditemukan. Satu pertanyaan yang menarik ketika kita mempelajari tentang Spyware adalah mengapa orang membuat Spyware? Apa sih keuntungan yang dia dapat dari membuat spyware?

John Aycock seorang peneliti malware dari Kanada dalam bukunya Spyware dan Adware pernah membahas tentang motivasi pembuat spyware. Menurut Aycock Spyware bisa saja dibuat dengan berbagai alasan. Alasan pertama misalnya untuk kepentingan marketing, atau lebih tepatnya targeted marketing (pemasaran terarah). Misalnya pernahkah anda di browsing mencari tiket pesawat murah bandung medan misalnya. Kemudian besoknya ketika anda surfing di internet, anda melihat di bagian iklan ada penawaran tiket murah dari bandung ke medan. Ini terjadi karena history browsing kita dicatat dan dianalisis. Kemudian dari hasil analisis ini dibuat sebuah profile. Dari profile inilah nantinya akan dipilihkan iklan yang sesuai dengan kebutuhan kita.Misalnya bila anda sering browsing tentang sepatu, maka akan ditampilkan iklan tentang sepatu. Bila anda sering browsing tentang sebuah buku, maka nantinya akan ditampilkan iklan tentang buku dll. Nah data-data tentang aktifitas browsing kita ini dicatat oleh sebuah spyware, kemudian data ini nantinya akan dikirimkan ke server untuk dianalisis. Tipe spyware ini tidak destruktif (merusak) komputer kita, hanya saja seringkali menyebalkan.

Selain itu ada pula yang membuat spyware dengan tujuan untuk penyadapan. Misalnya digunakan oleh aparat penegak hukum untuk mengumpulkan informasi dari komputer seorang tersangka. Polisi Jerman mengembangkan spyware jenis ini yang sering disebut-sebut sebagai Bundestrojan.

Ada pula Spyware yang digunakan sebuah perusahaan untuk memantau aktifitas pelanggannya. Kenapa aktifitas pelanggan dipantau? Spyware tipe ini seringkali digunakan untuk mencatat aktifitas pelanggan yang melanggar kesepakatan kontrak (Term of Use). Misalnya mengcopy atau membajak lagu, film dll. Ada juga perusahaan game yang menggunakan spyware untuk mendeteksi apakah penggunanya menggunakan cheat. Atau misalnya digunakan oleh orang tua untuk memantau apa saja yang dilakukan anaknya pada komputer. Contoh lainnya misalnya digunakan perusahaan untuk memantau aktifitas karyawannya dll. Bahkan ada yang menjual layanan Spyware seperti ini. Contohnya  untuk pasangan suami istri yang ingin memantau apakah pasangannya selingkuh. Spyware ini bisa mencatat aktifitas chat, membuat screenshoot dll.

Jenis Spyware lainnya adalah yang digunakan untuk Spionase. Spionase antara negara yang berkonflik, antar perusahaan yang bersaing dll. Ada juga Spyware yang digunakan oleh para penjahat spyware untuk mencuri identitas korban (identity theft). Tipe Spyware ini biasanya mencari rekening bank, informasi kartu kredit, akun dan password ebanking dari komputer korban.

Aycock menyimpulkan secara umum motivasi utama pembuat Spyware adalah uang.  Karena Informasi sangat berharga.

Sumber bacaan:

Aycock, John. Spyware and Adware. Vol. 50. Springer Science & Business Media, 2010.

 

One thought on “Mengapa orang membuat Spyware”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran