Novel Negeri Para Bedebah

Saya baru selesai membaca novel negeri para bedebah. Buku ini karya Tere Liye. Sebenarnya buku ini bukan buku baru. Setelah membaca buku pulang karya penulis yg sama, saya jadi penasaran ingin membaca buku negeri para bedebah ini.

Novel negeri para bedebah ini bercerita tentang Thomas, seorang konsultan keuangan muda yg sukses. Thomas merupakan seorang yg pintar, lulusan sekolah terbaik di luar negeri, dan sering diundang menjadi pembicara pada acara seminar ekonomi. Selain itu Thomas juga seorang petarung pada komunitas tinju rahasia para eksekutif muda di jakarta “fight club“.

Thomas diminta membantu pamannya “om Liem” yang sedang menghadapi masalah besar. Om liem adalah pemilik bank semesta. Bank ini diceritakan memiliki masalah finansial yang besar, sehingga terancam ditutup oleh pemerintah. Penutupan bank ini berpotensi menimbulkan krisis ekonomi baru di negeri ini. Thomas hanya memiliki waktu 2 hari ini untuk menyelamatkan paman dan keluarga. Ketika melakukan penyelamatan, thomas harus membawa kabur om liem dari pengepungan polisi. Thomas juga berkali-kali harus kabur dari kejaran polisi. Sempat masuk penjara, ditangkap di bandara, loncat dari pesawat yang baru mendarat dll. Dia kemudian menyusun strategi untuk meyakinkan pemerintah untuk tidak menutup bank semesta. Ada banyak pihak yang harus dia lobi.

Thomas berusaha mempengaruhi media agar membuat berita tentang dampak sistemik dari ditutupnya bank semesta. Yaitu potensi krisis baru seperti krisis moneter 98, dimana terjadinya kepanikan dan kerusuhan massa. Thomas juga berusaha menyusun berbagai strategi untuk mempengaruhi pimpinan bank indonesia, menteri keuangan dan presiden agar tidak menutup bank semesta.

Sepertinya dalam menulis novel negeri para bedebah ini tere liye terinspirasi dari kasus bank century. Kasus bail out bank yang sampai sekarang masih menimbulkan misteri. Penulis banyak bercerita juga tentang teori ekonomi, cara kerja perbankan, investasi dll. Sebuah dunia baru buat saya. Dunia yang menurut thomas dipenuhi oleh orang rakus yang penampilannya seperti eksekutif, tapi sebenarnya hatinya bagaikan serigala yang rakus berebut mengumpulkan harta. Saking rakusnya mereka tidak segan untuk menjatuhkan, memfitnah bahkan membunuh saingannya. Itulah negeri para bedebah.

Thomas banyak dibantu oleh teman-temannya dalam petualangan 2 hari ini. Ada Julia sang wartawan, ada Maggie asisten pribadinya, ada rudi sang polisi, ada randy, erwin dll. Dan ada juga kisah penkhianatan di akhir buku. Sangat seru membaca novel ini, tegang dari awal sampe akhir. Alurnya diselingi dengan kisah masa lalu thomas dan opa.  Tere liye banyak menyelipkan juga nilai-nilai positif melalui percapakan opa dengan thomas. Salah satu cerita opa ke thomas.

“Mana ada sekolah bisnis pada zaman Opa masih muda? Opa lulus sekolah rakyat pun tidak. Semuanya dipelajari sendiri. Dicoba, gagal. Dicoba, gagal lagi. Terus saja kau lakukan. Lama-lama kau tahu sendiri bagaimana seharusnya trik terbaik dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Itu sekolah terbaik. Apa kata bijak itu? Pengalaman adalah guru terbaik.”

Kalo yang satu ini cerita thomas ke julia:

“Ketika satu kota dipenuhi orang miskin, kejahatan yang terjadi hanya level rendah, perampokan, mabuk-mabukan, atau tawuran. Kaum proletar seperti ini mudah diatasi, tidak sistematis dan jelas tidak memiliki visi misi, tinggal digertak, beres. Bayangkan ketika kota dipenuhi orang yang terlalu kaya, dan terus rakus menelan sumber daya di sekitarnya. Mereka sistematis, bisa membayar siapa saja untuk menjadi kepanjangan tangan, tidak takut dengan apapun. Sungguh tidak ada yang bisa menghentikan mereka selain sistem itu sendiri yang merusak mereka.”

Gak sabar ingin cari buku lanjutannya, negeri di ujung tanduk.

Semoga bemanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.