Orchid Forest Cikole

Liburan kali ini saya ngajak keluarga jalan ke Orchid Forest Cikole. Tempat ini dulunya hutan yang sudah disulap jadi tempat wisata. Lokasinya di daerah cikole Lembang. Kalo dari Bandung setelah terminal wisata Grafika dan sebelum Tangkuban Perahu, sebelah kiri jalan. Di seberang jalan tempat perkemahan cikole, alias tempat dulu saya diospek.

Tiket masuknya 35 ribu per orang dibayarkan di pos pembayaran, tiketnya jangan lupa disimpan karena nanti ada pemeriksaaan di gerbang masuk. Dari pos pembayaran tadi masih nanjak lagi menuju tempat parkir sekitar 1 km kayaknya. Di tempat parkir mobil ini ada banyak monyet yg minta selfie. Tempat parkir mobil ini lokasinya paling tinggi di hutan ini. Jadi kita menyusuri orchid forest dengan jalan kaki menurun ke bawah.

Dari tempat parkir, tinggal jalan sedikit ke gerbang masuk. Gerbang masuk ini konon dirancang menyerupai bentuk kelopak anggrek. Disini ada pemeriksaan tiket. Oiya pengunjung gak boleh bawa makanan. Jadi makanan yg kita bawa harus dititipkan di pos ini.

Ketika masuk orchid Forest langsung terlihat pemandangan pegunungan yang indah dan hawa udara yang segar. Disini ada banyak tempat yang indah buat berfoto. Di setiap sudut ada juga informasi tentang berbagai jenis anggrek. Konon ada 20ribu anggrek disini, anggrek lokal sampai anggrek dari argentina, Peru dll. Penataan tanaman disini juga cukup apik. Di beberapa pohon ada dibuat semacam platform kayu untuk berfoto dari atas pohon. 

Salah satu tempat yang menarik adalah Orchid House (rumah anggrek). Semacam rumah kaca yg didalamnya ada ditampilkan berbagai jenis anggrek. Disini ada tempat foto dengan background kumpulan anggrek. Keluar dari rumah anggrek ini ada papan catur raksasa, ada rumah kaca dengan berbagai media tanam anggrek yg digantung dengan apik. Media tanam ini menurut petugasnya dibuat dari akar kadaka, yg dibalut dengan lumut dan dibentuk bulat. Menurut petugas disana, anggrek-anggrek ini dirawat dengan rutin, diantaranya disiram 2x sehari dan dikasih vitamin seminggu sekali.

Kemudian ada juga bazzar anggrek. Disini dijual berbagai jenis anggrek yang menawan. Harganya beragam, sekitar 100-200 rb. Oiya kalau beli anggrek di bazzar anggrek ini, kita gak perlu langsung bawa2 anggrek tersebut selama kita jalan2 di orchid forest ini. Tapi anggrek ini bisa kita ambil nanti di gerbang masuk dekat parkiran mobil.

Gak jauh dari bazzar anggrek ada taman payung dan taman pingpong. Taman payung ini isinya payung2 kertas warna warni yg digantung dan ditata secara menarik. Kalo taman pingpong juga tempat foto dimana banyak bola pingpong digantung dan ditata sehingga terlihat futuristik kalo difoto. Ada juga Terrace Paphio. Tempat ini semacam panggung yang dilengkapi bangku2 kayu yang cantik. Ada beberapa jembatan yang keren juga. Selanjutnya jalan kebawah ada rabbit forest. Disini ada banyak kelinci yang imut, kita bisa juga kasih makan kelinci disini. Kemudian katanya ada juga bunga bangkai. Cuman waktu saya kesana, gak keliatan bunga bangkatinya

Turun sedikit ada Foodcourt. Gak jauh dari Foodcourt kita bisa naik ke Woodbridge alias jembatan kayu. Woodbridge ini adalah jembatan kayu yang dihubungkan antara beberapa pohon pinus. Panjangnya katanya 23 meter. Buat naik woodbridge ini kita harus bayar lagi 20ribu. Tapi seru banget, rasanya naik jembatan ini. Jembatan ini dibuat menghubungkan antara 2 bukit di hutan ini. Nah setelah naik jembatan ini kita bisa naik flying fox. Naik Flying fox ini gak bayar lagi, sudah include dengan tiket naik jembatan kayu. Kalo takut naik flying fox, bisa jalan kaki menuruni bukit Garden of Light, semacam taman dengan tema futuristik

Selanjutnya ada High Rope, tempat outbond, tempat camping dan traking. Di gerbang keluar disediakan mobil angkutan gratis yang bisa bawa kita ke tempat parkir. Kalo mau jalan kaki bisa juga sih, cuman nanjak cape. Waktu saya kesana, angkutannya lumayan penuh, karena pengunjungnya lagi rame. Tapi disediakan angkot gratis.

Berkunjung kesini banyak jalannya, jadi jangan salah kostum. Lumayan bikin pegel kaki . Enaknya sih jalannya nyantei aja. Sedia jaket juga, karena anginnya kadang lumayan kenceng. Enaknya sih main seharian di orchid forest ini. Ada banyak toilet juga, ada mushola dan banyak kursi2 buat istirahat.

Semoga Bermanfaat!

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.