Prey – anti maling

Minggu kemaren waktunya presentasi di kelas keamanan jaringan. Ada satu presentasi yang saya coba share disini. Presentasinya duo Eko dan Ika tentang Prey – Anti Theft atau aplikasi anti maling.  Aplikasi ini bisa melacak posisi Handphone ,tablet dan laptop yang hilang. Kalo ada temen2 yang sering kehilangan Handphone atau Laptop bisa coba pake Aplikasi ini buat nyarinya. Atau ada yang sering kelupaan naro Handphone dimana aja, boleh juga dicoba pake prey ini.

Jadi aplikasi ini gak pake dukun 🙂 apalagi jin. Cara kerjanya kita registrasi dulu di web prey di link berikut https://preyproject.com/ Bikin login dst, terus kita daftarkan perangkat yang mau dilacak. Setelah itu kita harus install aplikasi ini di perangkat yang mau kita lacak. Ukurannya kecil kok. Link untuk mengunduh aplikasinya nanti akan dikirim ke email.  Setelah diinstall di perangkat kita, misalnya HP, nanti kita bisa lacak posisi HP kita dari webnya prey. Di web tar ada peta yang nunjukin posisi HP kita tersebut. Kita juga bisa setting klo HP tersebut ilang, HP akan mengeluarkan bunyi alarm. Jadi pas kita nyari tinggal dengerin bunyi alarm tersebut. Lumayan kenceng bunyinya. Selain itu dia bisa otomatis foto dari jarak jauh. Jadi misalnya HP kita ilang tuh, dari web kita bisa liat siapa yang lagi pegang HP kita.

prey

Nah kelemahannya adalah aplikasi ini butuh koneksi internet. Jadi HP yang ilang cuman bisa dilacak pas HP tersebut konek dengan Internet. Walaupun kartunya diganti tetep bisa dilacak. Belum dicoba klo HP ato Laptop tersebut diinstall ulang (format), masih bisa terlacak atau tidak. Selain itu dia cuman bisa melacak perangkat yang sudah dipasang aplikasi ini sebelum hilang. Secara teknologi dia pake memanfaatkan GPS. Yang menarik prey ini open source, jadi source codenya bisa kita pelajari. Dikembangkan berbasis java, bisa dipake di Android, Ios, Windows dan Linux. Sudah dilengkapi dengan enkripsi untuk komunikasi dengan Server. Layanan ini gratis, tersedia juga layanan berbayar untuk fitur lengkapnya. Semoga bermanfaat !

7 thoughts on “Prey – anti maling”

  1. soal lokasi GPS, kalau diinstal fake gps, gimana mas? apa masih terdeteksi lokasi GPS sebenarnya

    1. ries, kayaknya kalo pake fake gps, yang kelacak posisi gps palsunya. well musti dicoba dulu tapi.

  2. kalau perbedaannya dengan device administrator yang ada di hp android sepertinya hampir mirip pak 🙂

    1. Device administrator itu gimana bob? ada fungsi melacak posisi juga?

      1. ia pak bisa lacak posisi juga, lebih jelas namanya dari google, android device manager hampir semua perangkat android sudah di lengkapi dengan itu, untuk fitur ada lock,ring dan erase

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.