Pulang karya Tere Liye

Saya lagi baca novel Pulang karya Tere Liye. Ini buku karya Tere Liye pertama yang saya baca. Sebelumnya cuma hanya mengenal nama Tere Liye dari Film Hafalan Sholat Delisa dan Moga Bunda disayang Allah. Kedua film tersebut diangkat dari novel karya Tere Liye dengan judul sama. Saya pikir buku ini mengambil tema keluarga seperti film diatas. Ternyata temanya tentang shadow economy alias dunia hitam. Seru sekali membaca buku ini. Dengan gaya penulisan yang baik, membaca buku ini seolah-olah seperti kita sedang nonton film action James Bond.

Buku Pulang bercerita tentang Bujang seorang anak muda dari kampung Talang dekat Gunung Kerinci di pedalaman rimba Sumatera. Bujang adalah anak Samad, mantan tukang pukul yang dulu bekerja dengan Tauke Besar di kota provinsi. Karena kampungnya diserang oleh kawanan babi hutan, Samad meminta tolong para pemburu untuk mengusir babi Hutan. Para pemburu ini yang dipimpin Tauke Muda mengajak bujang untuk ikut berburu. Setelah menyelamatkan Tauke Muda dari serangan babi hutan, bujang mendapat julukan si babi hutan.

Tauke Muda kemudian membawa bujang ke kota provinsi. Tauke muda melihat potensi bujang yang memiliki kecerdasan tinggi. Kemudian bujang setiap hari diberi pengajaran oleh guru privat Frans. Bujang yang selama dikampung tidak pernah sekolah akhirnya bisa menyelesaikan ujian persamaan SMA, dan masuk ke perguruan tinggi besar di Ibu Kota. Setelah menyelesaikan skripsi tentang shadow economy, bujang pun disekolahkan ke Amerika. Di Amerika bujang berhasil mendapatkan gelar master dengan nilai baik. Selain belajar, bujang juga dilatih menjadi tukang pukul. Mulai dari latihan fisik oleh Kopong, Samurai oleh guru Bushi dan juga menembak oleh guru Salonga. Walaupun hidup dalam dunia hitam, bujang tetap memegang teguh pesan mamaknya untuk tidak minum alkohol dan tidak makan babi.

Novel ini merupakan kisah petualangan Bujang, yang akhirnya kembali “pulang”. Alur cerita buku ini cukup menarik, maju mundur. Walaupun begitu cukup sangat menarik dan tidak membosankan. Banyak hal baru yang saya pelajari di buku ini, juga berbagai kutipan penuh makna. Seolah-olah sang penulis hendak mengajarkan suatu pesan melalui cerita ini.

Selamat membaca!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.