Review Film Blackhat

Saya baru saja nonton film Blackhat. Ternyata seru banget, Disini saya akan coba review film blackhat ini. Jadi ceritanya ada hacker yang membobol komputer yang mengontrol reaktor nuklir di Cina. Nah hacker ini memasang sebuah malware RAT (remote access Trojan).  Kemudian reaktor nuklir tersebut meledak. Kemudian sibuklah pemerintah cina bekerja sama dengan FBI berusaha manangkap hacker ini.  Mereka meminta bantuan seorang hacker yang sedang dipenjara karena kejahatan carding.  Setelah investigasi di Cina, Amerika, Hongkong dan Malaysia, endingnya ternyata di Jakarta.

Film ini banyak menampilkan adegan hacking yang menarik, karena banyak dilakukan dari shell. Selain itu ada juga diceritakan hacker tersebut menggunakan jaringan Onion. Ada cerita juga penggunaan DPI (Deep Packet Inspection) untuk monitoring paket. Ada sistem biometrik yang digunakan untuk authentikasi server. Ada proses forensik dengan reverse engineering.  Ada dibahas juga tentang enkripsi gpg 512 bit. Ada penggunaan Keylogger. Ada adegan yang menyebutkan operasi black widow NSA. Di film ini dicertiakan dengan aplikasi Black Widow, NSA bisa melakukan recovery data dari Hard Disk yang sudah di wipe. Ada tentang WRT, bluetooth dll

Tapi menurut saya yang seru adalah teknik social engineering yang digunakan hacker ketika dia melakukan cracking password email dari seorang bos di NSA. Dan adegan hacking terakhir yang menunjukan teknik social engineering ketika mereka mau membobol jaringan sebuah Bank di Indonesia. Teknik yang dilakukan dengan meminta front desk untuk nge-print data dari USB. Data ini sudah disusupi malware.

Untuk para penggemar security cukup seru nonton film ini. Walaupun ada juga beberapa adegan yang agak lebay.  Bahkan majalah Wired  menobatkan film ini sebagai salah satu film terbaik tentang hacking.

 

One thought on “Review Film Blackhat”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran