Save State, Snapshot, Pause virtual mesin

Minggu ini menjelang assessment ada beberapa siswa yang sibuk melakukan hardening di mesin virtual. Cuman mereka ngeluh setelah dilakukan hardening konfigurasinya hilang lagi. Ya kalo virtual mesinnya direboot (power off) bisa hilang lagi konfignya, namun ada beberapa fitur di virtual mesin yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu save state, snapshot dan pause.

Contohnya untuk save bisa dilihat di video berikut:

Selain itu ada juga pilihan untuk snapshot, maksudnya kayak fitur restore point di windows. Jadi misalnya setelah itu guest machine kita error, kita bisa kembalikan dia ke kondisi pas ambil snapshot. Ini contoh tutorial utk bikin snapshot:

Opsi lainnya adalah pake opsi pause. Pause ini cuman menyimpan sementara kondisi virtual mesin di memori. Kayak kita lagi kerja di laptop terus salah satu windowsnya kita minimize. Tutorialnya bisa dilihat pada video berikut:

Klo di pause ada beberapa resiko terjadi error pas kita coba jalanin lagi virtual mesinnya. Menurut saya yg paling aman pake opsi yang pertama, save the machine state.

Have fun!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran