Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Eid Mubarak. Menyambut lebaran kali ini saya akan share kisah lebaran Rasulullah SAW bersama seorang anak yatim:

Kisah Lebaran Rasulullah SAW

Di suatu hari raya Rasulullah SAW berangkat keluar rumah untuk melaksanakan shalat Idul Fitri. Adalah sebuah kebiasaan beliau untuk mengambil jalan yang berbeda menuju tempat sholat. Di suatu jalan beliau melihat anak-anak kecil tengah bermain riang gembira di jalanan merayakan hari kemenangan. Tetapi tak jauh dari situ beliau melihat seorang anak kecil duduk menyendiri. Anak yang memakai pakaian sederhana itu tampak murung, ia menangis tersedu.

Rasulullah SAW yang berhati lembut segera menghampiri anak tersebut. “Nak, mengapa kau menangis? Kau tidak bermain bersama mereka?” Rasulullah membuka percakapan.

Anak kecil yang tidak mengenali bahwa di hadapannya adalah Rasulullah SAW menjawab, “Paman, ayahku telah wafat. Ia mengikuti Rasulullah SAW dalam menghadapi musuh di sebuah pertempuran. Tetapi ia gugur dalam perang tersebut.”

“Ibuku menikah lagi. Ia memakan warisanku, peninggalan ayah. Sedangkan suaminya mengusirku dari rumahku sendiri. Kini aku tak memiliki apapun. Makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal. Aku bukan siapa-siapa. Tetapi hari ini, aku melihat teman-teman sebayaku merayakan hari raya bersama ayah mereka. Dan perasaanku dikuasai oleh nasib kehampaan tanpa ayah,” begitulah cerita anak ini sambil menangis

Mendengar cerita anak ini, Rasulullah SAW pun iba. Ternyata ada anak-anak yatim dari sahabat yang gugur membela agama dan Rasulnya di medan perang yang mengalami kesedihan di hari raya ini.

Rasulullah yang sangat baik hatinya pun berkata kepada anak ini.“Nak, dengarkan baik-baik. Apakah kau sudi bila aku menjadi ayahmu, Aisyah menjadi ibumu, Ali sebagai pamanmu, Hasan dan Husein sebagai saudaramu, dan Fatimah sebagai saudarimu?” tanya Rasulullah.

Mendengar tawaran itu, anak ini kaget, ternyata yang ada dihadapanya adalah Nabi Muhammad SAW.

“Kenapa tak sudi ya Rasulullah?” jawab anak ini dengan senyum terbuka.

Rasulullah SAW kemudian membawa anak ini pulang ke rumah. Di sana anak ini diberikan pakaian dan diajak makan. Setelah ia pun keluar dari rumah Rasulullah dengan senyum dan wajah bahagia. … Wallahu a‘lam.

Demikianlah tuntunan Rasulullah SAW, semoga kita dapat mengambil pelajaran dari kisah ini. Semoga Bermanfaat!

Sumber:

Durratun Nashihin karya Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir Al-Khubawi

kitab at-Tarikh al-Kabir karya Muhammad bin Ismail al-Bukhari

3 thoughts on “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran