Sphinx

Di lab malware kami sedang coba membuat dokumentasi tentang malware. Jadi kita sedang berupaya membuat referensi lengkap tentang malware, karakterisknya, cara kerjanya dll. Kurang lebih seperti wikipedia tapi khusus untuk malware. Untuk membuat dokumentasi ternyata tidak mudah, apalagi bila ditulis dengan cara gotong royong. Perlu ada alat bantu yang mudah digunakan tapi memiliki kemampuan synchronisasi dan feature yang lengkap.  Kami memutuskan menggunakan Sphinx, yaitu sebuah tools untuk membuat dokumentasi dengan indah dan mudah. Dengan Sphinx dokumentasi yang kita buat nanti bisa kita generate berbentuk web html, pdf, manual page dll.

Sphinx ditulis oleh Georg Brandl, awalnya Sphinx digunakan untuk membuat dokumentasi Python. Kalo liat featurenya keliatannya sangat menarik. Ternyata sudah banyak proyek yang menggunakan tools ini, listnya bisa dilihat disini. Instalasinya cukup mudah. Pada debian cukup menjalankan perintah berikut :

$ apt-get install python-sphinx

Untuk OS lainnya silahkan liat di link ini. Cara penggunaanya cukup mudah, ada tutorialnya, silahkan dilihat disini.  Silahkan mencoba

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran