Survey Malware ID-CERT

ID-CERT (Indonesia Computer Emergency Response Team) sedang mencari relawan yang mau ikut serta dalam kegiatan survey malware. Survey Malware ID-CERT bertujuan untuk mendapatkan data tentang penyebaran malware di Indonesia.  Relawan diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan mengirimkan email berisi identitas dan kota asal. Kemudian relawan diminta melakukan pendeteksian malware (scanning) pada komputer atau laptop yang dimiliki dengan aplikasi tersebut. Setelah pendeteksian malware selesai, relawan diminta mengirimkan hasil scanning (report) ke email ID-CERT. ID-CERT kemudian mengumpulkan hasil report dan melakukan analisa. Hasil analisa yang didapatkan adalah data tentang penyebaran malware di Indonesia.

Relawan dapat mengunduh file dari link yang diberikan. Petunjuk pelaksanaan Survey Malware yang diberikan kepada para relawan adalah sebagai berikut:

1. kirim email ke daftar@malware.cert.or.id dengan keterangan nama lengkap, kota asal dan email anda;

2. unduh aplikasi yang digunakan untuk scan malware, di http://is.gd/idcert atau dari tautan https://www.dropbox.com/sh/n8gwludssk95odx/TrkFpnf49f lalu pilih download as .zip (agar mudah dapat didownload dalam format .zip); setelah selesai didownload, lalu ekstrak file Emsisoft Emergency Kit.zip;

3. jalankan start.exe yang terdapat pada folder Emsisoft Emergency Kit;

4. pilih Emergency Kit Scanner -> Scan PC;idcert

5. pilih metode scan sesuai kebutuhan (Quick Scan, Smart Scan, Deep Scan, Custom Scan);

6. tekan tombol ‘Scan’; Tunggu sampai scan selesai;

7. tekan tombol ‘View Report’ dan folder log akan terbuka;

8. kirimkan melalui email file log tersebut ke <lapor@malware.cert.or.id> (file report tersimpan pada folder /Run/Report/…..).

Scanning dilakukan hanya pada komputer dengan OS Windows. Bila ada pertanyaan bisa hubungi email berikut support@malware.cert.or.id. Mari kita ikut serta jadi relawan survey malware

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran