Tentang Maltego

Saya mau share presentasi kelompok Harits dan Dinna tentang Maltego. Maltego ini tools yang banyak digunakan dalam proses forensik dan intelligence. Aplikasi ini digunakan untuk mengumpulkan informasi. Analogi pada dunia nyata misalnya polisi ingin mengetahui informasi tentang seorang tersangka. Polisi akan berusaha bertanya ke kenalan tersangka tersebut, mungkin keluarganya, temannya dan lain-lain. Informasi ini kemudian akan dianalisa dan dicari keterhubungannya. Sehingga nanti akan didapat informasi tersangka itu tinggal dimana, dia dekat dengan kelompok apa, sifat dan kesenangannya apa dll.

Dalam dunia digital proses pengumpulan informasi ini dapat dilakukan oleh Maltego. Jadi seolah-olah Maltego menjadi detektif digital. Aplikasi akan menampilkan hasil analisa tentang hubungan antara orang, kelompok, website, domain, jaringan serta layanan online seperti Facebook dan Twitter. Maltego akan melakukan data-mining terhadap kata kunci yang kita cari, bisa berupa nama orang, nama organisasi dll. Data yang dikumpulkan akan dianalisa dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Tools ini open source dan dikembangkan berbasis java.

maltego

Maltego banyak digunakan dalam proses penetration test. Misalnya kita diminta untuk menguji sistem keamanan sebuah bank. Maltego dapat kita gunakan untuk mengumpulkan informasi sebanyak2nya tentang bank tersebut. Dengan tools ini akan didapatkan informasi web server bank tersebut, top level domain yang digunakan, server emailnya, IP address, alamat SMTPnya dan informasi tentang user yang ada di bank tersebut. Maltego sudah termasuk dalam paket aplikasi pada Kali linux. Informasi tentang maltego bisa dilihat disini di blog berikut atau tutorial ini. Selamat mencoba!

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran