The Master Algorithm – Pedro Domingos

Wiken ini saya rencananya mau baca buku the master algorithm kaya Pedro Domingos. Buku ini tentang machine learning. Menurut Pedro, dari ribuan algoritma Machine Learning, kita bisa kelompokan jadi 5 kelompok (suku):

  1. Symbolist: menganggap proses mesin learning sebagai proses inverse deduction. Symbolist mengambil ide dari filosofi, phsycologi dan logika
  2. Connectionists: mencoba meniru cara kerja otak kita. Kelompok ini terinspirasi dari ilmu neuroscience dan fisika
  3. Evolutionarist: mencoba meniru proses evolusi pada komputer. Kelompok ini belajar dari ilmu genetika dan evolusi dalam biologi.
  4. Bayesians: menganggap mesin dapat belajar dengan menggunakan probabilitas inference. Kelompok ini mengambil ide dari statistik
  5. Analogi: Belajar dari proses manusia melakukan analogi dari pengalamannya untuk mengenali sesuatu yang baru. Idenya terinspirasi dari psikologi dan optimatisasi matematis.

Kelompok ini dia sebut juga sebagai suku. Menurut Pedro, setiap kelompok tersebut masing-masing memiliki sebuah master algoritma. Yaitu sebuah algoritma (cara belajar) yang dapat digunakan untuk memperoleh pengetahuan dari sekelompok data. Master algoritma dari masing-masing suku itu adalah:

  1. Symbolist: inverse deduction
  2. Connectionest: backpropagation
  3. evolutionary: genetic programming
  4. Bayesian: Bayesian inference
  5. analogizer: Support vector machine

Pedro Domingos adalah professor computer science dari University of Washington. Ada videonya juga di link berikut:

Semoga Bermanfaat!

tentang pedro:

https://homes.cs.washington.edu/~pedrod/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran