Topology optimization

Saya lagi ikut summer course MDOML (Multi Disciplinary Optimization Optimization and Machine Learning) yang diadakan FTMD ITB. Materinya seru2. Walaupun rada roaming tapi banyak dapet ilmu tentang machine learning.

Hari ini materinya tentang topology optimization. Maksudnya gimana bikin struktur yang optimal. Misalnya jembatan, gimana caranya bikin struktur jembatan yang kuat nahan beban, tapi gak boros material. Atau gimana ngedesain sayap pesawat yang optimal. Contoh lainnya ngedesain rangka sepeda. Nah untuk bikin desainnya perlu perhitungan matematis yang cukup rumit. Atau bisa juga pake python. Di kelas diajarin pake colab. Ada 5 parameter nelx, nely, volfrac, penal, sama rmin yang bisa diubah-ubah. Terus harus ngerubah load sama boundary condition. Code pythonnya bisa dilihat disini: https://www.topopt.mek.dtu.dk/Apps-and-software/Topology-optimization-codes-written-in-Python

Cuman yang lebih simpel pake aplikasi 2DTopOpt. Pake aplikasi ini lebih simpel, tinggal ngerubah scalenya atau area desainnya, terus pasang pinnya dimana, apakah distributed atau gak? Pasang load juga,atur vlofrac, penal, tar langsung muncul hasilnya. Contohnya kayak gambar diatas, yaitu optimasi struktur topology jembatan. Aplikasinya bisa diunduh disini:

https://www.topopt.mek.dtu.dk/Apps-and-software/Interactive-2D-TopOpt-App

Masih banyak materi seru lainnya pada summer course ini, insyaallah nanti saya share pada tulisan berikutnya. Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran