Training CSCU EC-Council

Hari ini saya dapat tugas dari Bapak Kaprodi untuk ikut training CSCU EC-Council.  Training ini merupakan persiapan untuk mengikuti sertifikasi CSCU yang diselenggarakan oleh EC-Council. EC-Council sendiri adalah salah satu lembaga sertifikasi ternama di bidang Information Security. Sementara CSCU adalah kepanjangan dari Certified Secure Computer User.

CSCU ini memberikan dasar pengetahuan dasar keamanan informasi. Jadi sebenarnya ditujukan untuk pemula atau sertifikasi entry-level. Untuk level yang lebih advanced di EC-Council ada CEH (Certified Ethical Hacker), CHFI (Computer Hacking Forensic Investigator) dan ENSA (EC-Council Network Security Administrator).

Materi training CSCU

Pada training ini ada 10 modul yang harus dipelajari, yaitu:

Module 1: Foundations of Security

Module 2: Securing Operating Systems

Module 3: Protecting Systems using Antiviruses

Module 6: Internet Security

Module 11: Security on Social Networking Sites

Module 9: Securing Email Communications

Module 13: Securing Mobile Devices

Module 7: Securing Network Connections

Module 8: Data Backup and Disaster Recovery

Itu urutan materi yang diberikan pada training ini. Gak tau kenapa nomer modulenya tidak berurutan.

Modul 1-2

Module 1 menjelaskan tentang beberapa istilah (terminologi) di bidang security, yaitu: threat, exploit, vulnerability, cracker, attacker, intruder, attack dan data theft. Kemudian dijelaskan tentang elemen dasar security. Diceritakan juga tentang apa saja dampak dan kerugian dari sebuah serangan (hacking). Ada juga cerita tentang trade-off antara security, functionality dan ease of use yang digambarkan dalam sebuah segitiga. Selanjutnya ada bahasan tentang beberapa layer security serta basic security checklist.

Module 2 bercerita tentang beberapa cara untuk mengamankan sistem operasi yang kita gunakan. Dijelaskan tentang berbagai ancaman (threat) seperti: Virus, Worm, Backdoor, Rootkit, Trojan, Logic bomb, Spyware, keylogger dan password cracking. Kemudian diceritakan juga teknik apa saja yang digunakan hacker untuk melakukan password cracking. Dibahas juga tentang bagaimana malware bisa menyebar. Kemudian dibahas konfigurasi apa saja yang kita dapat lakukan untuk mengamankan sistem operasi Windows dan Mac OS. Dilanjutkan dengan penggunaan berbagai tools bawaan windows seperti: Microsoft security essential, Defender, bitlocker dll. Sementara untuk Mac ada FileVault, Parental Control, Keychain dll.

Sampai disini dulu cerita saya, insyaallah pada tulisan berikutnya saya lanjutkan.

Semoga Bermanfaat!

tentang CSCU

https://www.eccouncil.org/programs/certified-secure-computer-user-cscu/

 

 

4 thoughts on “Training CSCU EC-Council”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

%d blogger menyukai ini: