Translation movement

Saya baru saja menonton sebuah liputan menarik tentang gerakan translation movement. Gerakan ini dianggap sebagai awal kebangkitan Science dalam Islam. Gerakan ini dimulai  Baytul hikmah di Bagdad. Jadi kalifah Al Ma’mun (813-888 M) saat itu mengumumkan kepada rakyatnya agar mencari buku ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Kalifah akan membayar sejumlah uang untuk buku-buku tersebut. Buku-buku ini kemudian diterjemahkan ke bahasa arab.

Dengan cara ini banyak sekali naskah-naskah berbahasa yunani kuno yang diterjemahkan. Buku-buku yang dikumpulkan merupakan buku-buku dari berbagai bidang ilmu. Dengan cara ini dalam tempo yang tidak lama, Baitul Hikmah menjadi pusat ilmu pengetahuan terbesar di seluruh dunia pada saat ini. Semua literatur dari bidang matematik, astronomi, kesehatan, kimia, zoologi, geografi terkumpul disana. Selain itu juga terdapat sejumlah naskah dalam bahasa persia serta koleksi gambar dari India.

Dengan adanya gerakan ini maka para ilmuwan dari berbagai negara pun berkumpul di Bagdad. Tidak hanya ilmuwan musli. Kalifah Al ma’mun memberikan banyak dana untuk membiayai gerakan ini. Para ilmuwan ini menerjemahkan naskah, memberi komentar dan melakukan riset. Al Khawarizmi merupakan salah satu ilmuwan yang bekerja di Baitul Hikmah ini. Beliau memberi kontribusi yang sangat besar pada ilmu aljabar dengan menuliskan buku  Kitab al-Jabr  Selain itu ada pula Alkindi yang mengembangkan kriptografi. Ada pula nama-nama seperti Ibn al-Haytham , Mohammad Musa  , Hunayn dll. Sayangnya koleksi buku ini kemudian dihancurkan oleh bangsa Mongol pada tahun 1258

Menurut saya gerakan Translation movement ini patut kita contoh. Setelah perang dunia ke 2, Jepang juga melakukan gerakan yang serupa dengan mengirimkan banyak mahasiswa ke Amerika Serikat.  Setelah itu para siswa ini banyak menerjemahkan buku-buku ke dalam bahasa Jepang. Semoga bermanfaat!

translation movement
translation movement

referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/House_of_Wisdom

http://www.historyofinformation.com/expanded.php?id=4570

http://www.historyofphilosophy.net/translation-movement

http://www.aina.org/books/hgsptta.htm

http://www.translationdirectory.com/articles/article1319.php

http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Ma%27mun

http://islamsci.mcgill.ca/RASI/BEA/Ma%27mun_BEA.htm

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran