Trojan Horse

Trojan Horse adalah malware yang paling populer saat ini. Menurut sebuah survey perusahaan antivirus Bitdefender, 83% malware yang terdeteksi adalah trojan. Malware ini mendapatkan namanya dari kisah perang antara bangsa Yunani dan Troya. Pada perang tersebut Yunani tidak berhasil menembus pertahanan bangsa Troya yang berlindung dibalik benteng pertahanan yang sangat tangguh. Padahal bangsa Yunani telah mengepung Troya dari berbagai sisi. Karena banyaknya korban yang berjatuhan, dan frustasi tidak bisa menembus benteng Troya, akhirnya bangsa Yunani pun mundur dari Troya dan meninggalkan sebuah Patung Kuda dari kayu. Bangsa Troya yang melihat pasukan Yunani telah mundur dan menemukan Patung kuda dari kayu tersebut menganggap perang telah berakhir dan mereka telah menang. Pasukan Troya menganggap kuda tersebut merupakan tanda kekalahan dari pasukan Yunani. Merekapun membawa patung kuda tersebut ke dalam benteng dan berpesta. Ketika malam tiba dan pasukan Troya telah terlelap seusai pesta, keluarlah beberapa tentara Yunani yang bersembunyi didalam patung kuda tersebut, dan mereka membuka gerbang benteng Troya. Kemudian masuklah tentara Yunani lainnya. Mereka menguasai kota Troya dan membakar kota tersebut.Kisah mitos ini bisa dilihat dalam beberapa film, diantaranya Troy (Brad Pitt)trojan horse Nah kisah inilah yang dijadikan nama malware. Malware jenis ini umumnya digunakan untuk melakukan pencurian data dan modifikasi data. Ada juga yang mampu menampilkan webcam dari pengguna komputer, merekam aktifitas keyboard dll. Ada beberapa trojan yang cukup populer diantaranya ada Netbus, ProRAT, backOrifice, Zeus, ZeroAccess, Koobface. Vundo dll. Trojan ada yang digunakan untuk melakukan spionase. Seperti yang ditemukan di Jerman ada R2D2, MiniPanzer dan Megapanzer. Saat ini komputer yang telah terinfeksi trojan mampu saling berkomunikasi dengan komputer lain yang terinfeksi trojan dan membentuk jaringan Botnet.

Yang membedakan trojan dengan virus adalah trojan tidak dapat menggandakan dirinya sendiri. Trojan juga tidak dapat berpindah sendiri dari satu komputer ke komputer lain seperti Worm. Penyebarannya umumnya melalui social engineering, attachment email atau menyusup dalam sebuah aplikasi. Nah saat ini Trojan telah banyak menginfeksi Android. Bahkan ada ditemukan di google play aplikasi android yang telah disusupi trojan.  Untuk mengatasinya gunakan antivirus, dan selalu update antivirus tersebut. Serta selalu berhati-hati dalam mengunduh file atau menginstal aplikasi.

Semoga bermanfaat!

Beberapa bahan bacaan tentang trojan bisa dilihat disini :

http://www.cert.org/advisories/CA-1999-02.html

http://www.sans.org/reading_room/whitepapers/malicious/deconstructing_subseven_the_trojan_horse_of_choice_953

http://news.bitdefender.com/NW1094-en–BitDefender-Malware-and-Spam-Survey-finds-E-Threats-Adapting-to-Online-Behavioral-Trends.html

http://trojan-virus.com/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran