Apa untungnya ngehack komputer saya ?

Pada salah satu kelas keamanan jaringan, saya mendapat pertanyaan menarik. Begini pertanyaannya:

“Pak saya cuman gunain komputer saya untuk cek email. Saya tidak menggunakan komputer saya untuk ebanking, saya juga tidak punya data-data penting di komputer saya. Apa untungnya ngeHack komputer saya. Kayaknya cuman dapet cape aja pak. Kenapa kok repot-repot harus diamanin?”

Mendengar pertanyaan ini saya langsung senyum-senyum dan teringat sebuah tulisan menarik dari Brian Krebs. Brian Krebs merupakan seorang jurnalis handal di bidang security. Di blognya Brian Krebs membuat bagan yang menjelaskan apa aja sih kegunaan komputer kita bagi para hacker. Berikut bagan yang dibuat oleh Brian Krebs.

apa untungnya ngehack komputer saya
from Brian Krebs

Walaupun tidak ada data-data penting yang bisa dicuri tetap saja komputer kita sangat bermanfaat buat para hacker. Berikut beberapa alasannya:

a. Komputer kita dapat digunakan untuk menyebarkan email scam

b. Komputer kita dapat digunakan untuk menjadi batu loncatan untuk menembus jaringan yang terhubung dengan komputer kita. Jadi korban akan mendeteksi serangan berasal dari alamat IP kita.

c. Sebagai Botnet : komputer kita akan dikontrol oleh sebuah server, dan dipersiapkan untuk menjalankan perintah-perintah yang diinginkan server tersebut. Misalnya untuk melakukan serangan DOS

d. Sebagai Webserver palsu, komputer kita digunakan untuk menjadi server dari web phishing, atau untuk webserver yang menyebarkan malware.

e. Dapat dicuri kontak list yang ada di komputer kita

f. Dapat dilihat webcamnya tanpa sepengetahuan kita

g. Dibajak account Facebook, email dll

h. Diambil licence OS

i. Diambil data online banking. dll

Seringkali kita tidak menyadari bila komputer kita telah diretas. Karena umumnya proses-proses diatas dijalankan dalam background process. Yang kita rasakan hanya komputer kita jadi lemot. Ini berlaku juga untuk perangkat mobile. Sekarang smartphone Android menjadi target para hacker. Tentunya kita tidak ingin komputer kita digunakan oleh para hacker. Mari kita amankan komputer kita. Mari ingatkan juga teman-teman, keluarga maupun saudara kita tentang masalah keamanan komputer. Jangan sampai kita jadi korban kejahatan cyber.

from sans institute
from sans institute

Tulisan Brian Krebs tentang tema ini bisa dilihat pada link berikut:

http://krebsonsecurity.com/2012/10/the-scrap-value-of-a-hacked-pc-revisited/

Materi Sans Institute tentang masalah ini bisa dilihat pada link berikut:

http://www.securingthehuman.org/resources/posters

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.