VPN di Kali Linux

VPN adalah protokol yang banyak digunakan untuk terhubung ke sebuah jaringan privat. Biasanya banyak digunakan oleh pegawai yang sedang berada di luar kantor untuk mengakses data di jaringan perusahaan. Secara default VPN tidak diaktifkan di Kali Linux. Untuk mencoba  mengakses VPN di kali silahkan klik icon jaringan —> ada pilihan VPN. Hanya saja ketika kita pilihan membuat jaringan (add) VPN tidak bisa, karena pilihan ini dinonaktifkan. Sehingga kita tidak bisa melakukan konfigurasi jaringan VPN. Seperti pada gambar berikut:

vpn di kali linux

Hal ini cukup menyulitkan penguna Kali seperti saya. Selain untuk terhubung dengan jaringan perusahaan, ada banyak alasan lain kita bisa menggunakan VPN. Misalnya untuk bypass sensor (content filtering) atau bypass sistem monitoring, bypass firewall,  bypass sistem ACL dan proxy,  menyembunyikan IP, transfer data dengan aman, untuk menggunakan VOIP dengan privasi, atau misalnya pada saat melakukan penetration test. Hanya saja memang koneksi melalui VPN umumnya lebih lambat.

Ternyata untuk mengaktifkan VPN di Kali Linux sebenarnya cukup mudah. Cukup menjalankan perintah berikut pada terminal:

aptitude -r install network-manager-openvpn-gnome network-manager-pptp network-manager-pptp-gnome network-manager-strongswan network-manager-vpnc network-manager-vpnc-gnome

Bila instalasi telah selesah, selanjutnya kita dapat melakukan konfigurasi jaringan VPN. Kita tinggal memilih icon Network pada kanan atas — > Plih network connection —-> pilih VPN dan sekarang kita bisa memilih tombol  +Add. Kita dapat memilih beberapa protokol, Cisco Compatible (vnpc), IPsec/IKEv2 (strongswan), OpenVPN atau Point-to-point Tunneling Protocol (PPTP).

Enable-VPN-on-Kali-Linux-blackMORE-Ops-6

Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “VPN di Kali Linux”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran