Workshop Penulisan Blog

Hari Kamis 12 Mei 2016 di Fakultas Ilmu Terapan Telkom University diselenggarakan Workshop Penulisan Blog untuk para Dosen. Pada Workshop ini ada dua pembicara, Pak Yahdi Siradj dan Pak Rinaldi Munir. Pada sesi pertama Pak Yahdi bercerita tentang cara penggunaan blog staff.telkomuniversity.ac.id. Bagaimana membuat posting di blog. Selain itu Pak Yahdi share juga tentang plugin yang menghubungkan akun instagram dengan blog, dan lain-lain.

Materi berikutnya Pak Rinadi Munir. Beliau adalah dosen di STEI ITB (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung). Beliau sudah menulis blog sejak tahun 2002. Blog beliau (rinaldimunir.wordpress.com) sudah mendapat kunjungan 8 juta hits. Menurut Pak Rinaldi  yang mempopulerkan blog di Indonesia adalah Enda Nasution dari Sipil ITB.

Menurut Pak Rinaldi, di Indonesia budaya menulis memang masih rendah. Karena bangsa kita lebih terbiasa dengan budaya lisan. Padahal dengan menulis kita bisa berbagi ilmu. Pada presentasinya Rinaldi menyampaikan slogan beliau dalam menulis blog adalah Sharing is Caring. Beliau juga mengutip pernyataan dari Pramoedya Ananta Toer:

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Selain itu juga pernyataan dari Ali bin Abi Thalib ra:

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Beliau juga bercerita tentang beberapa blogger ternama Indonesia. Diantaranya ada Barry Kusuma seorang travel blogger, isi blognya tentang jalan-jalan (travelling). Ada juga Ma’rufin Sudibyo, yang bercerita tentang astronomi dan geofisika. Ada juga Pak Dahlan Iskan, politisi yang gemar menulis blog. Di bidang IT ada blog pak Romi Satrio Wahono.

Pak Rinaldi sendiri juga seorang penulis blog yang populer. Beberapa tulisannya sempat viral di internet. Diantaranya yang saya sempat ikuti adalah tentang bapak penjual amplop di depan mesjid Salman. Sebagai penutup Pak Rinaldi menyampaikan beberapa tips berikut dalam penulisan blog:

  1. Judul posting harus menarik
  2. Gunakan bahasa yang sederhana. Gunakan kalimat yang jelas ringkas dan enak dibaca.
  3. Gunakan pemilihan diksi yang tepat (pemilihan kata)
  4. Gunakan gaya bahasa yang unik
  5. Untuk menulis kita harus banyak membaca
  6. Jangn lupa masukan gambar
  7. Cantumkan sumber data (referensi)
  8. Layout blog harus menarik
  9. Selalu Update

Semoga bermanfaat!

workshop penulisan blog
workshop penulisan blog FIT Tel-U 12 Mei 2016

Blog Pak Rinaldi Munir:

rinaldimunir.wordpress.com

https://catatankriptografi.wordpress.com/

Blog Pak Enda Nasution:

http://enda.goblogmedia.com

blog Pak Barry Kusuma:

http://www.alambudaya.com

blog Pak Dahlan Iskan:

https://dahlaniskan.wordpress.com

blog Pak Ma’rufin Sudbiyo

https://ekliptika.wordpress.com

Blog pak Romi Satrio Wahono:

http://romisatriawahono.net

blog Pak Yahdi Siradj

http://yahdiinformatika.staff.telkomuniversity.ac.id/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.