Upgrade python brew

Kemaren pas ngoprek, baru ngeh ternyata versi python di mac saya udah jadul. Kalo di Linux kan ngupdate tinggal maen apt …. Karena belon terlalu familiar sm mac, jadi lah brosing dulu. Ternyata di mac bisa pake brew yang rada mirip sm apt …

Ok langkah pertama buka terminal, cek apakah udah ada python di laptop

$ brew list | grep python

hasilnya ternyata ada si python, sekarang cek versinya

$ brew info python

Ternyata versi pythonnya udah jadul, selanjutnya update python

brew update && brew upgrade python

trus bisa juga nambahin alias ke versi python yang baru diupdate ini

alias python=/usr/local/bin/python3

dah beres. Semoga bermanfaat!

referensi:

https://opensource.com/article/19/5/python-3-default-mac

Launchpad stuck installing di mac

Pagi ini pas ngidupin mac ada yang aneh, jadi di launchpad saya ada instalasi bar yang gak beres. Setelah di cek dia lagi nginstall word, cuman gak beres2 alias stuck. Dia cuman nampilin progresnya hampir 100% tapi gak maju. Setelah brosing2 ada di forum mac ada beberapa solusi.

Yang pertama suruh restart, kemudian cek si launchpad maju gak. Setelah saya tunggu, dia masih stuck gak maju2 juga. Lanjut nyoba solusi kedua.

Solusi kedua disuruh masuk ke safe mode. Caranya:

  1. Mac matiin dulu alias shutdown
  2. Tunggu 10 detik
  3. Teken tombol shift, tahan dulu
  4. Idupin mac-nya (tekan tombol power)
  5. Kalo dah nyampe halaman login baru lepas tombol shiftnya

Kalo berhasil tampilan halaman loginnya beda, di kanan atas ada tulisan merah safe mode, trus ada 3 icon dibawah login sleep, restart sm shutdown. Normalnya cuman ada 2 icon, restart sm shutdown.

Nah setelah login, alhamdulillah launchpadnya meneruskan proses instalasi. Klo dah beres tinggal restart lagi untuk ninggalin safe mode. Beres deh. Semoga Bermanfaat!

Referensi:

https://discussions.apple.com/thread/250765786

https://id.wikihow.com/Menjalankan-Mac-di-Safe-Mode

Distro linux untuk Multimeda

Selama ini linux lebih dikenal sebagai sistem operasi yang sulit, hanya digunakan oleh admin jaringan maupun para hacker. Sementara untuk para desainer dan penggemar multimedia MacOs lebih beken. Padahal linux memiliki berbagai macam distro. Bahkan ada juga Linux yang khusus dibuat untuk Multimedia dan untuk desain. Distro ini biasanya sudah dilengkapi berbagai macam software untuk edit video, foto maupun musik. Distro ini juga sudah dioptimasi agar tidak lemot. Berikut ini beberapa distro Linux khusus untuk multimedia

  1. Ubuntu Studio

Berbasis ubuntu, distro ini memiliki berbagai aplikasi untuk multimedia, memiliki banyak pilihan fonts juga. Desktopnya pake xfce.

Download

2. AV Linux MX Edition

Distro ini lebih fokus untuk edit musik. Distro ini berbasis debian. Dengan kernel yang memiliki latency rendah, environment JACK audio/MIDI dengan integrasi PulseAudio dan repository KXStudio.

AV Linux MX Edition

3. Fedora design suite

Distro ini bisa digunakan untuk membuat disain backgroud desktop, cover CD, desain web, interface applikasi, flyers, posters dll. Bisa digunakan untuk mempersiapkan publikasi buku,  dokumen, edit  gambar vector and bitmap, membuat model 3D modeling, dll

https://labs.fedoraproject.org/en/design-suite/

Beberapa distro multimedia lainnya:

http://www.apodio.org/doku.php

http://io.gnu.linux.free.fr

http://www.ap-linux.com

Semoga bermanfaat!

tulisan lain tentang distro multimedia

https://www.makeuseof.com/tag/6-linux-distros-designed-artists-musicians-editors/

Gagal Update Mac Big Sur

Temen saya hari ini rungsing, karena dia coba update OS laptopnya cuman gagal mulu. Laptopnya pake Mac dan pas saya cek ada notif untuk update ke MacOS Big Sur 11.01 . Biasanya mac lancar jaya untuk urusan update, kalaupun ada error umumnya karena space harddisknya kurang. Pas saya lihat notifnya, ukuran updatenya 12 GB, cuman si mac minta free space 16 GB. 

Nah setelah temen saya ngapus2in filenya, baru dia bisa donlot update tersebut. Lumayan lama, ada sekitar 1 jam. Cuman pas udah beres donlot ada masalah lagi, karena untuk instalasi mac minta free space 25 GB. Wah gede juga, akhirnya saya minta temen saya untuk remove dulu aplikasi dan data2 yang gak perlu. Setelah itu dia bisa install, cuman ada lagi notif, dia harus nyolok ke adapter. 

Akhirnya alhamdulillah setelah itu dia bisa nginstal, instalasi lumayan lama juga ada sekitar 1 jam. Oiya, jangan males ngupdate ya, biasanya update OS, penting banget buat nutup vulnerability (celah keamanan) yang baru ditemukan. Semoga bermanfaat!

Digital Rights Management

Awal tahun 2013 lalu media massa sibuk memberitakan adanya kebocoran Sprindik (Surat Perintah Penyidikan) di KPK. Pada saat itu KPK mengeluarkan Sprindik kasus korupsi Anas Urbaningrum. Hanya saja dokumen yang seharusnya bersifat rahasia tersebut telah bocor ke media massa tidak lama setelah surat itu dibuat. Diduga dokumen itu difoto oleh pegawai KPK dengan smartphone kemudian disebarkan ke wartawan.

Untuk mencegah kebocoran dokumen seperti kasus diatas sebenarnya bisa dilakukan dengan penerapan teknologi DRM. Digital Rights Management (DRM) merupakan teknologi yang digunakan untuk melindungi keamanan sebuah dokumen atau file.

Diantaranya menggunakan enkripsi. Teknologi DRM juga digunakan untuk membatasi hak akses terhadap suatu file. Misalnya file x, hanya bisa dibuka oleh orang tertentu. Teknologi ini juga digunakan untuk mencegah orang menggandakan sebuah file tanpa ijin. Contohnya teknologi DRM ini digunakan pada beberapa penerbit ebook.

Contoh jadul DRM ini digunakan pada game nintendo maupun game komputer, untuk main game pengguna diminta memasukan kode tertentu di buku manual yang didapat ketika beli game tersebut. Ada juga yang diminta memasukan serial number tertentu. Kemudian ada juga selain serial number, harus juga melakukan aktivasi online. Cuman teknik ini banyak dibypass dengen menggunakan tools keygen.

Ada juga tools DRM yang melakukan pembatasan jumlah instalasi. Setelah itu ada juga teknik DRM yang menggunakan SecuROM. Kemudian ada juga teknik CSS (content scrambling system). CSS ini menggunakan algoritma enkripsi. Di Linux sempat ada aplikasi DeCSS, untuk menjalankan aplikasi yang dilindungi dengan CSS di Linux. Setelah itu berkembang juga teknologi enkripsi di DRM dengan nama ADEPT, FairPlay, Advanced Access Content System.

Semoga Bermanfaat!

Setting Virtual Mesin untuk analisa malware

Untuk melakukan analisa malware sebaiknya dilakukan di sebuah lab malware. Namun jika kita tidak punya lab malware, bisa juga kita lakukan analisa di sebuah virtual mesin. Cuman saat ini banyak malware yang bisa mendeteksi virtual mesin. Bagaimana malware bisa mendeteksi virtual mesin? Caranya dengan mendeteksi  RAM, CPU cores, besar harddisk,  registry keys dan driver

Ketika malware mendeteksi dirinya sedang berada di virtual mesin, malware tersebut akan dormant (tidur). Ibaratnya seperti penjahat yang ketika melihat polisi, dia pasang muka paling manis dan paling alim.

Untuk itu Virtual mesin ini perlu kita konfigurasi dengan baik, beberapa langkah yang perlu disiapkan:

  1. Install Virtual Box: https://www.virtualbox.org/manual/ch01.html#intro-installing ; pada proses instalasi ini sangat disarankan untuk tidak menginstall network driver, karena ini bisa jadi celah yang bisa dideteksi malware
  2. Konfigurasi guest Virtual mesin; disarankan untuk mengkonfigurasi ukuran harddisk > 60GB dan ram >2GB; karena sekarang banyak malware yang mendeteksi ukuran HD dan RAM
  3. Jangan install VirtualBox Guest addition, kalau sudah terlanjur matikan fitur Drag and drop dan clipboard sharing;
  4. Konfigurasi IO/APIC enabled untuk setting dual core pada guest
  5. disable Paravirtualization,
  6. disable visual acceleration
  7. setting network internal
  8. Lakukan hardening VM; unduh https://github.com/hfiref0x/VBoxHardenedLoader
  9. unduh PAfish, tools untuk mendeteksi virtual mesin, untuk menguji komfigurasi kita https://github.com/a0rtega/pafish
  10. Install fakenet untuk simulasi jaringan palsu https://github.com/fireeye/flare-fakenet-ng/

Contoh konfigurasi lebih detail bisa dilihat pada link berikut:

https://wiki.elvis.science/index.php?title=VirtualBox:_How_to_Setup_your_Malware_Analysis

Kalau mau pake sandbox cuckoo bisa dilihat pada link berikut:

http://docs.cuckoosandbox.org/en/latest/installation/host/requirements/

btw konfigurasi diatas untuk Host windows. Kalo host nya pake linux; hampir sama bedanya:

  1. download virtual boxnya dari sini: https://www.virtualbox.org/wiki/Linux_Downloads
  2. tools hardeningnya sama; ada script python untuk melakukan hardeningnya; scriptnya bisa dilihat pada github https://github.com/hfiref0x/VBoxHardenedLoader
  3. perlu dependencies berikut: python3-pip ; libcdio-utils; acpica-tools; mesa-utils
  4. ada dependencies lainnya : pip3 install -r requirements.txt
  5. install https://download.sysinternals.com/files/VolumeId.zip
  6. install https://www.nirsoft.net/utils/devmanview-x64.zip

silahkan dicoba!

Mempercepat Libreoffice

Untuk penggemar Linux dan aplikasi open source, tentunya sudah kenal dengan Libre office. Libre ini aplikasi buat ngetik2 yang handal. Cuman belakangan karena laptop saya dah jadul, saya ngerasa jadi rada lemot librenya (bukan orangnya)

Setelah browsing-browsing ternyata ada beberapa tips ampuh untuk mempercepat si Libre. Diantaranya

Menambah memori dan cache gambar:
  1. Buka LibreOffice Writer atau Calc.
  2. Klik Tools -> Options.
  3. Klik Memori (di menu LibreOffice).
  4. Tambah Cache untuk gambar  -> “Use for LibreOffice” (pilih 128 MB kalo masih ngerasa kurang nanti bisa ditambah ).
  5. Tambah juga “Memory per object” (coba 20MB, kalo kurang nanti bisa ditambah).
  6. Klik OK.

Ada beberapa teknik lainnya seperti konfigurasi mengurangi jumlah undo, enable libreoffice quickstarter, dan disable Java Runtime. Cuman saya gak sempet nyoba, karena dengan nambah memori tadi udah cukup kenceng si Libre. wuzz!!

Semoga Bermanfaat!

Upgrade Kernel

Hari ini saya baru ngeh ternyata linux saya masih menggunakan kernel jadul. Distronya sudah pake yg terbaru, tapi kernelnya masih jadul. Buat cek versi kernel yang kita pake caranya mudah. Tinggal buka terminal dan jalankan perintah

uname -r

responnya: 3.7.32

berarti saya menggunakan kernel 3.7

selanjutnya kita cek web officialnya linux kernel pada alamat https://www.kernel.org/ 

ternyata saat ini linux kernel terbaru adalah versi 5.7.2. seperti gambar diatas. Wah sudah ketinggalan jaman kernel linux saya. Baiklah selanjutnya saya coba upgrade. Karena saya pake debian, saya coba cari tutorialnya di webnya debian berikut ini: https://wiki.debian.org/HowToUpgradeKernel

jadi kita harus cek dulu kernel image mana yang ada di reponya debian:

apt-cache search linux-image

selanjutnya pilih versi stable dan install dengan perintah berikut:

sudo apt install linux-image-<flavour>

flavour diganti dengan versi kernel yang mau dipake dan arsitektur yang kita gunakan, misalnya amd64 dst. Alhamdulillah prosesnya lancar, kernel saya berhasil diupdate. Moga-moga gak ada masalah driver dll yg tidak compatibel. 

Btw ada beberapa orang yang punya pendapat, klo distronya masih support, ngapain ngupdate kernel. Bisa juga sih, biasanya alasannya gak mau ribet. Karena abis update kernel kadang ada beberapa driver yang gak kebaca, atau masalah lainnya. Tapi buat alasan security dan peformance baiknya selalu diupdate kernel & distronya. 

Semoga bermanfaat!

beberapa referensi

https://wiki.debian.org/HowToUpgradeKernel

https://sobmint.blogspot.com/2018/06/cara-upgrade-kernel-linux-mint-ubuntu-debian.html

Cara cek versi kernel Linux

Repo Debian Tel-U

Tel-U baru buka repository untuk para penggemar Linux. Untuk para penggemar debian bisa menambahkan repo berikut ini:

deb https://mirror.telkomuniversity.ac.id/debian/ buster main contrib non-free
deb-src https://mirror.telkomuniversity.ac.id/debian/ buster main contrib non-free
deb https://mirror.telkomuniversity.ac.id/debian/ buster-updates main contrib non-free
deb-src https://mirror.telkomuniversity.ac.id/debian/ buster-updates main contrib non-free
deb https://mirror.telkomuniversity.ac.id/debian-security/ buster/updates main contrib non-free
deb-src https://mirror.telkomuniversity.ac.id/debian-security/ buster/updates main contrib non-free

Selain debian ada juga repo untuk ubuntu, centos dll. Bisa dilihat pada link berikut:

https://mirror.telkomuniversity.ac.id/iso-images/

Semoga Bermanfaat!

Save State, Snapshot, Pause virtual mesin

Minggu ini menjelang assessment ada beberapa siswa yang sibuk melakukan hardening di mesin virtual. Cuman mereka ngeluh setelah dilakukan hardening konfigurasinya hilang lagi. Ya kalo virtual mesinnya direboot (power off) bisa hilang lagi konfignya, namun ada beberapa fitur di virtual mesin yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu save state, snapshot dan pause.

Contohnya untuk save bisa dilihat di video berikut:

Selain itu ada juga pilihan untuk snapshot, maksudnya kayak fitur restore point di windows. Jadi misalnya setelah itu guest machine kita error, kita bisa kembalikan dia ke kondisi pas ambil snapshot. Ini contoh tutorial utk bikin snapshot:

Opsi lainnya adalah pake opsi pause. Pause ini cuman menyimpan sementara kondisi virtual mesin di memori. Kayak kita lagi kerja di laptop terus salah satu windowsnya kita minimize. Tutorialnya bisa dilihat pada video berikut:

Klo di pause ada beberapa resiko terjadi error pas kita coba jalanin lagi virtual mesinnya. Menurut saya yg paling aman pake opsi yang pertama, save the machine state.

Have fun!