Wolfram – New Kind of Science

Hari ini saya baru baca buku Stephen Wolfram – New Kind of Science. Wolfram ini ahli fisika, komputer dan matematika. Jadi dia berkesimpulan bahwa perkembangan komputer dan pemrograman ini didukung oleh perkembangan matematika. Namun pada kenyataannya di dunia banyak hal yang terlalu kompleks untuk dijelaskan dengan rumus matematika. Misalnya bentuk pohon, bagaimana kita bisa menjelaskan bermacam-macam bentuk pohon dengan rumus matematika yang ada. Atau bentuk kristal salju yang bermacam-macam. Komputer bisa saja membuat program untuk menghitung bentuk pohon maupun kristal salju. Namun membutuhkan algoritma pemrograman yang panjang dan kompleks.

Dia mengusulkan perlu pendekatan baru untuk menjelaskan berbagai hal kompleks tersebut. Caranya dengan membuat sebuah program sederhana yang kemudian bisa berkembang menghasilkan berbagai bentuk yang kompleks. Menurut dia penemuan ini bisa membuat revolusi baru dalam ilmu fisika, kimia, biologi dan bidang lainnya.

Contohnya adalah dia menggunakan celular automata yang dia sebut untuk mengembangkan bentuk yang sangat kompleks seperti pada gambar berikut:

Bukunya bisa diakses secara daring pada tautan berikut:

https://www.wolframscience.com/nks/

Sedikit penjelasan tentang buku ini bisa dilihat disini:

https://writings.stephenwolfram.com/2017/05/a-new-kind-of-science-a-15-year-view/

https://en.wikipedia.org/wiki/A_New_Kind_of_Science

Tentang Stephen Wolfram:

https://en.wikipedia.org/wiki/Stephen_Wolfram

Video penjelasan wolfram tentang teorinya bisa dilihat disini:

Video kuliah umumnya di kampus university of california bisa dilihat disini:

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran