Review Kajian 2 Keamanan Jaringan

Kepada para mahasiswa peserta mata kuliah keamanan jaringan, jangan lupa besok kita assessment ya. Dalam rangka persiapan assessment kajian 2, sebagai teman begadang berikut saya sampaikan materi kajian 2 yang telah kita pelajari:

Cryptography

Pada materi ini kita belajar tentang algoritma simetrik, asimetris, hash, stegano watermark dll. Kita mengenal juga tentang enkripsi email. Slide tentang cryptography dapat dilihat pada link berikut ini:

Latihan tentang Enkripsi

Latihan 10 Keamanan Jaringan – Enkripsi

Tentang Public Key Cryptography

Latihan 11 Keamanan Jaringan

Tentang Hash Stegano dan Digital Watermark:

Latihan 12 Keamanan Jaringan

Tentang teknologi Cryptograhy:

Latihan 13 Keamanan Jaringan

Authentikasi

Materi berikutnya adalah tentang autentikasi. Autentikasi adalah teknik untuk memastikan keaslian seseorang. Terdapat 3 macam authentikasi, what you know, what you have dan who you are. Slide tentang autentikasi bisa dilihat pada link berikut ini:

Latihan tentang Autentikasi dapat dilihat pada link berikut:

Latihan 14 Keamanan Jaringan

VPN

Materi tentang Virtual Private Network

latihan tentang VPN

Latihan 15 Keamanan Jaringan

Firewall

Materi berikutnya tentang Firewall. Firewall adalah sebuah perangkat yang mengatur paket mana saja yang boleh masuk dan paket mana saja yang boleh keluar dari sebuah jaringan. Slide tentang Firewall bisa dilihat pada link berikut ini:

Latihan tentang Firewall:

Latihan 16 Keamanan Jaringan

IDS

Materi terakhir pada kajian 2 ini adalah tentang IDS (Intrusion Detection System). IDS adalah alat pendeteksi serangan. Selain IDS ada pula IPS yaitu (Intrusion Prevention System). IPS tidak hanya mampu mendeteksi serangan tapi juga mampu menghentikan serangan. Slide tentang IDS dapat dilihat pada halaman berikut:

Sementara latihan tentang IDS bisa dilihat dibawah ini:

Latihan 17 Keamanan Jaringan

Btw materi tentang IDS tidak masuk materi asesment kali ini. Ok, jangan lupa siapkan komputer dan berbagai tools yang pernah kita pake selama kajian 2 ini. sekian dari saya, selamat belajar dan semoga sukses assessmentnya!

 

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran