Studium Generale

Hari ini saya diminta Pak Danang untuk mengisi materi Studium Generale (SG) di prodi S1 Ilmu Komputasi Telkom University. Sebenarnya saya hanya “stuntman” alias pemeran pengganti saja, karena pembicara yang diundang berhalangan hadir. Biasanya SG diisi pembicara dari luar kampus. Karena tujuan SG sebenarnya adalah memberi wawasan kepada mahasiswa, baik itu perkembangan teknologi baru, ataupun tema lain yang tidak berhubungan langsung dengan teknologi.

Menurut Pak Danang, materi yang saya sampaikan merupakan materi terakhir dari SG tahun ini. Sebelumnya sudah ada sekitar 5 pembicara dari LIPI, ITB dll. Saya cukup senang mendapat kehormatan untuk mengisi materi terakhir, apalagi bertepatan dengan hari Kartini (out of topic :)). Presentasi disampaikan di Gedung K, dengan peserta cukup banyak. Menurut pak Danang pesertanya ada sekitar 130 orang. Presentasi yang saya sampaikan adalah tentang Analisa Malware.

materi studium generale
materi studium generale

Saya awali presentasi dengan menceritakan beberapa kasus malware seperti Malware Zeus pembobol 3 bank di Indonesia, Malware Gadis Mabuk (Facebook), Malware Stuxnet dan cryptolocker.  Kemudian saya ceritakan dasar-dasar tentang malware, klasifikasi malware, teknik penyebaran malware dan motif penulis malware. Berikutnya tentang teknologi deteksi malware, teknik analisa malware, teknik pengelabuan malware. Materi berikutnya adalah tentang malware di Android serta beberapa statistik.

Sebagai penutup saya sampaikan undangan bagi mahasiswa yang tertarik untuk belajar tentang malware di ID-CERT. Kami juga terbuka menerima mahasiswa yang ingin kerja praktek, tugas akhir atau penelitian tentang tema ini. Keliatannya para peserta cukup tertarik, karena cukup banyak yang mendatangi saya setelah acara. Mereka bertanya tentang kerja praktek di ID-CERT. Jujur saja negeri ini masih sangat kekurangan orang yang mau belajar tentang analisa malware. Semoga saja presentasi tadi mampu “menginfeksi” para mahasiswa untuk mau belajar jadi analis malware.

Sebenarnya presentasi saya merupakan rangkuman dari beberapa tulisan yang pernah saya buat di blog ini. Materi materi lengkapnya bisa dilihat di beberapa tulisan berikut:

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/malware-sinkronisasi-token/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/gadis-mabuk-setelah-pesta-malware/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/stuxnet/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/cryptolocker/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/malware/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/teknik-deteksi-malware/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/anti-virus/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/analisa-dinamik-malware/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/teknik-pengelabuan-anti-virus/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/enkripsi-malware/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/penyebaran-malware-android/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/polymorphic-malware/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/malware-droidkungfu/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/malware-cabir/

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/dream-droid/

Sementara info tentang Kerja Praktek dapat dibaca di :

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/peluang-kerja-praktek/

info lainnya

http://www.cert.or.id/

http://idsirtii.or.id/

Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran