Bahaya Keylogger

Keylogger merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi mencatat semua aktifitas yang digunakan user pada keyboard. Fungsi ini sering digunakan oleh para kriminal cyber untuk mencuri password. Para peneliti keamanan bahkan memasukkan bahaya Keylogger ini dalam 3 jenis serangan yang saat ini paling banyak digunakan oleh para kriminal cyber.  Selain keylogger 2 serangan yang paling banyak digunakan penyerang adalah teknik phishing dan social engineering.

Keylogger umumnya berupa software, tapi ada juga yang berbentuk hardware. Bentuknya seperti sambungan usb, yang menghubungkan keyboard dengan CPU.  Fungsi keylogger ini saat ini banyak dimasukkan dalam malware. Menurut laporan Symantec sekitar 50% malware yang ditemukan memiliki fungsi keylogging. Hampir setiap trojan memiliki keylogger.

Keylogger biasanya ditempelkan pada sebuah file. Keylogger dapat menginfeksi komputer melalui beberapa cara berikut:

a. Melalui attachment email.

b. Melalui jaringan web file sharing misalnya jaringan Per-to-peer

c. Melalui script pada sebuah web

d. Melalui aplikasi gratisan

Untuk melindungi diri dari keylogger dapat menggunakan antivirus. Selain itu dapat juga dengan menggunakan sistem one-time password (password sekali pake). Cara lain yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan virtual keyboard. Aplikasi virtual keyboard memungkinkan kita mengetik pada komputer tanpa menggunakan keyboard. Aplikasi ini menyediakan gambar keyboard yang kemudian dapat kita klik dengan mouse. Aplikasi ini sering juga dinamakan on-screen keyboard. Sebaiknya lebih berhati-hati ketika menggunakan komputer di tempat umum seperti warnet. Lebih baik hindari melakukan transaksi perbankan, e-commerce pada komputer yang digunakan di tempat umum.

Semoga bermanfaat!

bahaya keylogger
bahaya keylogger – contoh hardware keylogger

referensi:

https://securelist.com/analysis/publications/36138/keyloggers-how-they-work-and-how-to-detect-them-part-1/

http://www.nytimes.com/2006/02/27/technology/27hack.html?_r=0

http://blog.kaspersky.com/keylogger/

http://www.csoonline.com/article/2112405/social-networking-security/how-keylogging-malware-steals-your-information–includes-video-.html

https://securelist.com/analysis/publications/36358/keyloggers-implementing-keyloggers-in-windows-part-two/

http://en.wikipedia.org/wiki/Keystroke_logging

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.