ICE Institute

Materi kuliah saya tentang Keamanan Jaringan sekarang bisa diakses di ICE institute. ICE ini platform belajar digital yang disediakan Kemendikbud, UT dan kerjasama dengan berbagai kampus. Jadi kayak SPADA yang dulu. ICE ini katanya dipake juga buat program Merdeka Belajarnya mas menteri.

Nah dari kampus ternyata mata kuliah saya termasuk 1 dari 10 mata kuliah yang diajuin ke ICE. Konon dipilih karena topiknya populer. Materi keamanan jaringan ini bisa diakses di sini:

https://icei.ac.id/courses/course-v1:TELUx+DCH3D3+2021.2/about

Materi kuliah ini sebenernya sama dengan materi kuliah di CELOE. Celoe tuh platform kuliah onlinenya tel-u. Jadi karena untuk anak D3 teorinya gak terlalu banyak. Lebih banyak praktek. Materi di ICE ini materi kamjar tahun 2020. Nah di ICE ini sayangnya gak interaktif bentuknya, jadi mahasiswa register, ngeliat materi, ngerjain tugas udah deh dapet nilai. Beda banget dengan kuliah yg saya kasi di kelas. Karena biasanya tiap semester materinya saya update, terus klo di kelas prakteknya lebih bebas. Kalo online emang agak terbatas perangkat/platform yang bisa dipakte buat latihan. Terus saya juga gak bisa mantau, berapa orang yang ikut kuliah ini. Karena di tel-u kayaknya dihandle sama tim Celoe. Tapi ada mahasiswa yang kirim email nanya2 tentang kuliah ini dari Universitas IVET Semarang. Yah semoga materi kuliahnya bermanfaat. Oiya, kalo ada siswa yang join kelas saya di ICE silahkan jangan ragu2 nanya ya.

Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran