IDSECCONF 2016

Tahun ini kembali diselenggarakan acara IDSECCONF 2016. Indonesia IT Security Conference atau yang lebih dikenal IDSECCONF adalah kegiatan tahunan yang terselenggara atas kerjasama Komite IDSECCONF bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (KEMKOMINFO), serta berbagai pihak terkait yang bertujuan untuk memberikan pencerahan ke khalayak umum, pelajar, mahasiswa, maupun kalangan IT Security professional khususnya mengenai berbagai isu-isu keamanan teknologi informasi terbaru.

Seminar dan CFP

Tahun ini acara ini akan diselenggarakan tanggal tanggal 24-25 September 2016 di UIN Malang. Kegiatan tahun ini bekerjasama dengan Malang Cyber Crew. Kali ini tema acaranya adalah Digital Signatures dan Public Key Infrastructure. Beberapa materi yang akan disampaikan pada acara ini adalah:

1. PKIWebSDK : Pustaka JavaScript untuk aplikasi PKI berbasis HTML5
2. National Public Key Infrastructure: Friend or Foe?
3. Layanan Certification Authority (CA), Document Signing and Verification berbasis Web Service
4. Steganografi DCT dengan Memanfaatkan Aplikasi Pesan Instan
5. Sistem Pemantauan Ancaman Serangan Siber di Indonesia Generasi Baru
6. Securing SCADA System using RC-4 Encryption Algorithm and Hash-based Message Authentication Code.

Kemudian ada acara diskusi panel dengan tema Digital Signatures, Public Key Infrastucture dan keamanan internet indonesia.

CTF

Selain itu akan diselenggarakan juga lomba CTF. CTF untuk kegiatan idsecconf terbagi kedalam 2 format, yaitu:

1. CTF online 
Akses: beralamat di http://ctf.idsecconf.org dilakukan selama 48+ Jam (19 – 21 Agustus 2016), peserta diwajibkan untuk mendapatkan flag sebanyak mungkin dari berbagai kategori yang tersedia, umumnya kategori yang tersedia meliputi web, reverse engineering, exploitation, dsb.Peserta. CTF ini dilakukan secara online dengan format Jeopardy Style, siapapun bisa menjadi pesertanya dengan cukup melakukan registrasi via web.
Pendaftaran.  pada web ini : http://ctf.idsecconf.org
Hadiah.  pemenang permainan ctf online akan otomatis menjadi pembicara di kegiatan IDSECCONF tahun tersebut, yang juga berarti mendapatkan tiket PP (dari dan ke wilayah NKRI), akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

2. CTF offline
Dilakukan selama 2 hari kegiatan IDSECCONF berlangsung (lihat agenda), biasanya dilakukan selama lebih kurang 6 jam.  Tiap tim akan berkompetisi untuk bisa mencari celah keamanan dan mendapatkan flag baik yang terdapat di server atau di komputer lawan.

Bagi yang berhasil mendapatkan flag terbanyak akan mendapatkan nilai defence dan dapat melakukan attack untuk mendapatkan nilai attack. Tim dengan skor tertinggi dan sesuai dengan peraturan yang ditentukan oleh CTF-lord akan menjadi pemenangnya.
Pendaftaran.

  1. Jumlah peserta CTF terbatas hanya untuk 10 seat (individu/tim)
  2. Peserta merupakan perorangan atau tim (maksimal 3 orang)
  3. Tiap peserta akan mendapatkan gratis tiket masuk IDSECCONF2016 dan dapat mengikuti 2 hari kegiatan idsecconf2016 dengan catatan diluar waktu kegiatan CTF offline.
  4. Peserta wajib membawa perlengkapan dan tools sendiri (laptop, power cable extentions, etc)
  5. Pendaftaran Bisa Dilakukan dengan mengisi form ini
  6. Pertanyaan terkait ctf offline dapat email ke ctf<at>idsecconf<dot>org

Semoga Bermanfaat!

Info lengkap bisa dilihat pada halaman http://2016.idsecconf.org

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.