Komputer Zombie

Dalam dunia malware sering disebut-sebut sebuah istilah komputer zombie. Sebenarnya apa sih komputer zombie? Komputer zombie merupakan komputer yang sudah dihack, dan tanpa sepengetahuan pengguna digunakan oleh hacker untuk berbagai kepentingan. Misalnya digunakan untuk menyebar email spam, atau digunakan untuk melakukan serangan DDOS. Biasanya hacker tidak hanya memiliki sebuah zombie, tapi memiliki ratusan bahkan ribuan komputer zombie. Ratusan komputer zombie ini biasanya dikoordinasikan dan diatur oleh sebuah komputer server yang disebut Command & Control server (C&C). Jaringan para zombie-zombie ini biasanya dinamakan botnet. Istilah botnet sendiri berasal dari program bot yang digunakan pada IRC.

komputer zombie
komputer zombie – from howstuffworks

Umumnya pengguna komputer tidak menyadari komputernya digunakan oleh hacker.  Karena itulah dinamakan komputer inii sebagai komputer zombie. Umumnya hacker memanfaatkan resource tersebut dalam bentuk background proses. Mengirim email spam melalui komputer zombie akan menyulitkan proses deteksi, serta membuat hacker dapat memanfaatkan bandwidth dari para zombie untuk melakukan penyerangan.

Sementara serangan DOS merupakan serangan yang membanjiri komputer target. Serangan ini tidak akan efektif bila dilakukan dari satu komputer. Karena admin akan mudah mendeteksi  dan melakukan blok IP penyerang. Selain itu bandwidth yang digunakan penyerang tidak akan cukup membuat down (mati) komputer target. Karena itu serangan DOS lebih efektif bila dilakukan pada waktu yang sama secara bersama oleh ratusan komputer penyerang. Serangan jenis ini yang dinamakan DDOS (Distributed Denial Of Service). Disinilah biasanya semakin banyak komputer zombie yang terlibat maka semakin efektif serangan DDOS tersebut.

Beberapa serangan DDOS yang pernah terjadi diantaranya serangan terhadap server SPEWS tahun 2003, terhadap layanan Blue Frog tahun 2006, serangan terhadap server Yahoo dan Ebay yang dilancarkan oleh botnets Mafiaboy. Sejak 2009 mulai pula ditemukan hacker tidak hanya mengincar  PC maupun laptop untuk menjadi zombie, tapi juga smartphone. Bila komputer anda mulai lambat, sebaiknya segera periksa dengan antivirus, jangan-jangan komputer anda telah menjadi zombie. Semoga bermanfaat!

Beberapa bahan bacaan :

http://radsoft.net/news/roundups/grc/wkd/

http://lowkeysoft.com/proxy/

http://antivirus.about.com/od/whatisavirus/a/zombiepc.htm

http://tweezersedge.com/archives/2005/02/000534.html

http://johnbokma.com/mexit/2006/01/16/zombie-comment-spam-referer-spam.html

http://www.crime-research.org/library/grcdos.pdf

http://www.wired.com/2009/07/blackberry-spyware/

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran