Negeri di ujung tanduk

Saya baru selesai membaca buku negeri di ujung tanduk. Buku ini adalah novel lanjutan dari negeri para bedebah karya Tere Liye. Masih bercerita tentang Thomas, seorang konsultan keuangan muda yang ternama.

Setelah menyelamatkan bank semesta Thomas bertemu dengan JD. Mantan walikota dan gubernur ibukota yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi calon presiden. JD seorang politikus yang bersih dan visioner. Thomas kemudian mengembangkan unit khusus konsultan politik di kantornya.

Dengan merekrut tim IT canggih yang mampu melakukan analisa data besar, unit baru thomas ini telah berhasil membantu 2 kepala daerah menang pilkada. Tapi 2 haru menjelang konvensi partai untuk menetapkan JD sebagai calon presiden, thomas harus berhadapan dengan konspirasi mafia hukum.

Thomas, opa, kadek dan maryam (wartawan politik) ditangkap pasukan khusus anti teror di hongkong karena di kapal barunya ditemukan heroin dan senjata dalam jumlah besar. Kemudian JD ditangkap polisi atas tuduhan korupsi sebuah proyek pada waktu menjadi gubernur ibukota.

Thomas hanya memiliki waktu sangat sempit untuk menyelamatkan diri dan meloloskan JD menjadi capres. Lawan tang dihadapi juga bukan lawan yang enteng. Mafia hukum yang telah memiliki kaki tangan petinggi polisi, pejabat kejaksaan, hakim tinggi dan anggota DPR.  Thomas harus kabur dari tahanan polisi anti teror hongkong, dikejar pasukan khusus polisi, dan berusaha meyakinkan para peserta konvensi untuk memenangkan JD sebagai calon presiden.

Tapi thomas tidak sendirian, kali ini dia dibantu Rudi, polisi yang dia sempat kalahkan di klub petarung jakarta. Kemudian ada juga Lee, pengusaha konstruksi yang juga jawara klub petarung di Makau. Ada maryam wartawan majalah politik, Maggie asisten pribadinya, dan kris mantan hacker, yang direkrut menjadi kepala bagian IT kantornya thomas.

Selain itu Thomas juga harus melobi KPK untuk menangkap anggota mafia hukum yang terlibat kasus pembangunan kompleks olahraga. Sangat seru membaca novel ini. Tapi di buku ini yidak hanya petualangan dan pertarungan thomas saja yang kita tenukan, kita juga akan dikenalkan dengan sekolah berasrama tempat thomas ditempa, kisah masa lalu opa dalam kapal pengungsi dan juga berbagai kisah lucu penuh hikmah ala tere liye.

Beberapa ungkapan bagus dari buku ini:

“Jika kita memilih tidak peduli, lebih sibuk dengan urusan masing-masing, nasib negeri ini persis seperti sekeranjang telur di ujung tanduk, hanya soal waktu akan pecah berantakan.”

“Kau tahu, Nak, sepotong intan terbaik dihasilkan dari dua hal, yaitu, suhu dan tekanan yang tinggi di perut bumi. Semakin tinggi suhu yang diterimanya, semakin tinggi tekanan yang diperolehnya, maka jika dia bisa bertahan, tidak hancur, dia justeru berubah menjadi intan yang berkilau tiada tara. Keras. Kokoh. Mahal harganya. Sama halnya dengan kehidupan, seluruh kejadian menyakitkan yang kita alami, semakin dalam dan menyedihkan rasannya, jika kita bisa bertahan, tidak hancur, maka kita akan tumbuh menjadi seseorang berkarakter laksana intan. Keras. Kokoh”

“…Penjelasan akan tiba pada waktu yg pas, tempat yg cocok, dan dari orang yg tepat”

Semoga bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.