Pengalaman ikut tes Toefl iBT home edition

Minggu lalu saya coba ikut tes Toefl iBT yang home edition. Daftarnya langsung di web https://www.ets.org/toefl. Registrasi dulu bikin akun, trus nanti pilih tanggalnya dan bayar. Sebelum registrasi disarankan ngetes dulu apakah komputer kita kompatibel atau tidak. Ngetesnya dengan ngunduh software dari sana. Nanti dia cek spek komputer kita. Daftarnya gak ribet, tapi diminta no passport.

persiapan

Setelah daftar lanjut persiapan, waktu itu saya emang milih jadwal yang paling cepat, jadi cuman ada waktu persiapan 3 hari. Ujian iBT dibagi 4 sesi, ada reading, listening, speaking dan writing.

Buat persiapan saya liat beberapa link youtube. Ada banyak ternyata youtube yang jelasin tentang ujian toefl. Setelah liat2 beberapa link, saya lebih seneng punya om adam. Penjelasannya lumayan enak

https://www.youtube.com/user/EnglishTeacherAdam

Selain itu saya belajar dari buku juga. Setelah bongkar2 lemari ternyata saya punya buku Longman Complete Course for the toefl test karya deborah phillips. Buku ini lumayan keren ada latihannya juga.Tapi klo di buku cuman fokus ke reading

Terus terakhir saya coba ikut latian gratis dari edx. Ini web tempat latihan, kayaknya kerjasama dengan Toefl. Jadi katanya formatnya sama dengan tes aslinya, soalnya juga katanya soal2 lama TOEFL. Bisa register disini https://www.edx.org/course/toefl-test-preparation-the-insiders-guide

Oiya di web itu kita bisa latihan listening juga. Untuk speaking juga bisa, suara kita direkam trus mereka pake teknologi AI katanya yang langsung bisa ngasih nilai. Trus untuk writing juga bisa, dinilai sama komputer juga.

Di web TOEFLnya juga ada sampel soalnya. Kemaren saya agak fokus latian di speaking dan writing, karena saya ngerasa disini yang agak lemah

ujian

Waktu itu saya dapet jadwal ujian jam 19.15. Oiya ruangannya harus kita atur dulu. Karena ada ketentuannya, kita harus duduk di meja, sendirian di ruangan. Mejanya juga harus kosong gak boleh ada kertas dll. Untuk coret2 boleh pake whiteboard atau pake kaya plastik mika yang bisa dicoret dan dihapus.

Pas ujian nanti jalankan softwarenya yang udah kita instal pas registrasi, kemudian nanti nunggu ada petugas dari toeflnya. Petugasnya nanti ngomong dan ngasih instruksi macem2. Awalnya ada kendala karena dia gak bisa denger suara saya. Padahal saya bisa denger suara dia. Akhirnya saya diminta menunggu, karena saya akan dibantu sama teknisinya. Nah teknisinya ini kemudian ngeremote komputer saya, dia rubah2 setting speaker dan microphone saya. Selama proses itu saya cuman bisa chating dengan dia. Sampe akhirnya dia bisa denger suara saya.

Setelah itu saya dikembalikan ke petugas toefl yang pertama. Trus petugas ini mulai ngecek2 lagi. Pertama dia minta saya nunjukan identitas (passport saya) kemudian dia minta saya noleh ngecek telinga, karena gak boleh ada alat bantu. Terus dia minta saya nunjukin tangan saya sampe siku, trus dia minta kamera saya diputer untuk ngeliat kondisi ruangan. Dia minta juga kamera saya ditunjukan ke meja, dan kebawah meja. Terakhir dia minta cermin, jadi kayaknya dia pengen liat layar monitor saya, apakah ada tempelan atau tidak. Terus dia nanya handphone saya dimana, dia minta handphone saya disimpan dibelakang, yang bisa keliatan dari kamera.

Terus dia ngeremote juga komputer saya, dia kayaknya ngecek software apa aja yang jalan di komputer saya dll. Banyak yang dia periksa. Lumayan lama juga, sekitar jam 20.00 baru dia jelasin aturan tentang pelaksanaan tes, lama tes dll.

Reading

Akhirnya mulai dengan sesi pertama Reading. Sesi ini saya dikasi 3 atau 4 bacaan kalo gak salah. Temanya rada berat setelah itu disuruh jawab banyak pertanyaan. Tipe pertanyaannya ada macem2. Cuman waktunya sangat terbatas, jadi harus belajar baca secara cepat. Konon caranya kita baca paragraf pertama secara lengkap, kemudian paragraf berikutnya kita cukup baca kalimat pertama dan kalimat terakhir, sama baca paragraf terakhir secara lengkap.

Cukup melelahkan yang jelas sesi ini. Karena banyak istilah ilmiah. Yang jelas baca aja dulu, walaupun belum paham. karena waktunya terbatas banget. Ada 40an pertanyaan klo gak salah dengan waktu 1 jam. Vocabnya juga rada susah, terutama kalo temanya kita gak nguasain

Listening

Setelah itu masuk sesi Listening. Nah disini ada beberapa macam. Ada yang kita dengerin sebuah kuliah, kemudian nanti jawab beberapa pertanyaan tentang kuliah itu. Terus ada juga kita dengerin percakapan di sebuah kampus, misalnya antara mahasiswa dengan bagian administrasi di kampus dll. Ada 40 pertanyaan dengan waktu 60 menit.

Speaking

Setelah itu break 10 menit, selama break boleh meninggalkan ruangan. Cuman pas masuk dicek lagi semuanya kayak waktu awal lagi. Terus masuk sesi3 yaitu speaking. Nah dibagian ini udah mulai ngantuk banget saya, karena dah jam 10 malam. Jadi dikasi sebuah topik terus diminta ngomong pendapat kita. Oiya ngomongnya cuman bentar paling sekitar 1 menit. Sebelum ngomong dikasi waktu juga buat mikir.

Writing

Sesi terakhir adalah writing. Lebih tepatnya ngetik sih. Jadi ada 2 tugas. Yang pertama kita dikasi artikel, disuruh baca, terus dengerin sebuah kuliah. Nah setelah itu tugas kita kayak ngerangkum pendapat dari dosen di kuliah tersebut. Kalo tugas kedua, mengarang bebas. Jadi dikasi sebuah topik kemudian disuruh ngarang bagaimana pendapat kita tentang topik tersebut. Setuju apa gak. Klo setuju kenapa dst.

Totalnya hampir 4 jam. Setelah tes nanti diminta ngapus apa yang kita tulis di plastik mika tadi. Udah gitu beres. tinggal nunggu hasilnya. Oiya hasil reading dan listening kita langsung keluar. Cuman speaking dan writing belum, karena kayaknya harus diperiksa dulu sama orang.

Nunggu hasil akhirnya lumayan lama. Ada sekitar 10 hari kayaknya baru hasilnya muncul di webnya toefl.

Semoga bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran