Perpanjang SIM di Festival Citylink

Minggu ini masa berlaku SIM saya habis, waktunya ngurus perpanjangan SIM. Cuman pas mau perpanjang lumayan bingung juga, karena SIM saya masih pake alamat lama di Kabupaten Bandung. Sementara KTP saya sudah pake alamat baru di Kotamadya Bandung. Langsung kebayang berarti harus ngurus mutasi sim dulu, cabut berkas dari kabupaten bandung, terus baru mutasi masuk ke kotamadya.

Setelah tanya2, sekarang kalo sudah pake eKTP gak perlu ngurus mutasi. Jadi cukup perpanjang SIM, nanti alamatnya langsung berubah ke alamat sesuai eKTP. Cuman menurut hasil googling, perpanjang SIM untuk yang beda daerah domisili ini hanya bisa di tempat SIM online. Maksudnya untuk kasus saya, belum bisa dilayani semua SIM outlet.

Jadi SIM online ini bisa melayani perpanjangan SIM dari seluruh Indonesia. Menurut mbah google yang sudah online tuh diantaranya SIM keliling. Nah di bandung ada satu gerai sim online baru di Festival Citylink. Di sim outlet ini bisa melayani perpanjangan SIM untuk pemegang KTP/SIM luar kota bandung.

Lokasinya di Lt 2 Pas pojokan kanan kalo naek escalator. Jam bukanya ngikutin Mall jam 10. Untuk perpanjangan SIM persyaratan yang perlu dibawa:

  • SIM asli, fotocopy
  • KTP asli fotocopy

Sebelum perpanjang SIM, kita harus cek kesehatan dulu. Loket pemeriksaan kesehatan ini persis di sebelah gerai sim online. Cek kesehatan bayarnya 40 rb. Disini kita diminta nyerahin SIM asli sama fotocopy KTP.

Pertama di cek mata, kayak cek mata minus di dokter. Jadi kita disuruh baca huruf yang mulai dari yang besar sampe yang kecil banget. Terus cek buta warna, disuruh baca angka2 yang tersembunyi di beberapa warna yang beda2. Terakhir cek tensi. Setelah itu dapat surat sehat, oiya SIM dan fotocopy KTP kita dibalikin lagi.

Setelah dapat surat sehat, saya langsung menuju loket 1 bagian pendaftaran. Disana saya menyerahkan surat kesehatan, SIM asli dan fotocopy KTP. Setelah itu duduk manis nunggu dipanggil. Menurut info petugas dari loket pendaftaran, yang dilayani disini cuman SIM yang bakal habis dalam rentang waktu 2 minggu.

Kemudian ada panggilan dari loket 2, ini adalah loket pembayaran. Karena saya perpanjang 2 sim sekaligus saya diminta bayar Rp 255 ribu. Kalo perpanjang 1 sim kayaknya bayarnya 125 ribu. Setelah bayar, duduk cantik lagi nunggu panggilan.

Gak lama kemudian ada panggilan dari loket 3. Disini saya dikasi form yang harus diisi, karena saya bikin 2 SIM jadi dapet 2 form plus 1 form untuk asuransi. Form ini isinya tentang data-data kita, nama alamat dll. Ada disediakan pulpen disana, cuman biar gak ngantri baiknya bawa pulpen sendiri dari rumah. Kalo udah beres ngisi formulir, taro formnya di loket 5. Setelah itu duduk lagi, nunggu panggilan.

Kemudian ada panggilan dari loket 5, petugas akan membacakan nama, alamat dan tempat tanggal lahir kita. Kita diminta konfirmasi apakah nama, alamat dan tempat tanggal lahir kita sudah sesuai. Setelah itu saya difoto, ambil cap jempol, dan tanda tangan. Setelah itu duduk lagi.

Kemudian ada panggilan dari loket 6, ini adalah loket pengambilan SIM. Disini petugasnya nawarin SIMnya mau dilaminating apa gak? Cuman karena harus bayar lagi, saya bilang gak usah dilaminating mas.

Di SIM outlet festival citylink ini lumayan cepat prosesnya, sekitar 30-45 menit. Mungkin karena belum terlalu rame juga yang bikin SIM disini. Ruangannya nyaman, dan melayani juga untuk yang SIMnya luar kota bandung

Semoga Bermanfaat!

Papan Informasi SIM outlet Festival Citylink

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.