Persiapan Assessment Kajian 3

Kepada mahasiswa peserta mata kuliah keamanan jaringan, hari ini hari terakhir perkuliahan. Pertemuan berikutnya adalah assessment kajian 3. Silahkan persiapkan server anda untuk asesmen kajian 3. Jangan lupa baca ketentuan tentang asesment kajian 3 pada halaman berikut ini:

Kajian 3 Attack Defense

Tolong buat server kalian sebaik mungkin. Kalo bisa dengan sistem keamanan yang paling canggih. Untuk asesmen ini ada nilai attack dan defence. Nilai defence dilihat dari bagaimana kalian mengamankan server anda. Semakin baik pertahanan yang kalian buat semakin bagus nilai defence kalian. Bila tidak ada team lain yang berhasil meretas server kalian berarti semakin bagus nilai defence kalian. Untuk defense sebaiknya lakukan langkah-langkah hardening seperti pada latihan 16.  Hardening ini dilakukan untuk menutup celah keamanan yang ada pada server anda. Kemudian bisa lakukan juga konfigurasi firewall, IDS dll.

Attack

Sementara nilai attack dilihat dari bagaimana cara kalian meretas server team lain. Semakin banyak server team lain yang berhasil kalian retas, semakin bagus nilai attack kalian. Untuk melakukan attack sebaiknya lakukan scanning terlebih dahulu. Cari tahu celah keamanan apa saja yang ada pada server tersebut. Untuk mencari celah keamanan bisa gunakan tools seperti Nessus, OpenVAS dll. Kumpulan tools untuk mencari celah keamanan dapat dilihat pada link berikut ini.

Hasil dari scan tersebut adalah informasi tentang celah keamanan yang ada pada server tersebut. Pelajari hasil scan tersebut, dan cari di internet bagaimana cara mengeksploitasi celah keamanan tersebut. Semakin banyak server yang kalian berhasil retas semakin baik nilai attack kalian.

Oya, ada pesan sponsor juga dari Bapak Kaprodi untuk mengisi survey EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa). Survey ini penting buat memperbaiki proses perkuliahan. Jadi tolong diisi yah 🙂

Untuk refreshing hari ini kita akan main game overthewire (OTW). OTW ini game yang dibuat untuk belajar security secara menyenangkan. Di OTW ini terdapat banyak games menarik. Ada Bandit, Natas, Leviathan, Narnia, Krypton, Behemoth, Utumno, Maze, dst. OTW menyarankan untuk pemula mulai dari game Bandit dulu yang paling mudah.

Game Bandit memiliki banyak level dari level 0 – 27. Di game bandit ini yang diperlukan adalah beberapa kemampuan dasar tentang Linux. Untuk main Bandit ini kita perlu melakukan akses ke sebuah remote server (SSH). Jadi sebaiknya pake OS Linux, Mac, tapi untuk pengguna Windows bisa juga menggunakan putty. Di setiap level kita akan diminta untuk mencari sebuah password. Password ini kita perlukan untuk akses ssh ke level berikutnya.

Have Fun!

Tentang game overthewire:

Wargame Overthewire

 

 

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.