Puppy Linux – review

Saya mempunyai mempunyai sebuah laptop jadul yang telah setia menemani saya sejak tahun 2005. Operating system bawaan adalah Windows XP. Karena slot RAM maksimum hanya 2 GB DDR, maka laptop semakin lama semakin lambat. Sehingga sejak 2010 saya memutuskan beralih ke Linux. Saya sempat mencoba beberapa Distro sampai akhirnya merasa nyaman dengan Debian. Tahun lalu tiba2 monitornya mati, setelah coba ngoprek akhirnya laptop ini bisa hidup kembali. Hanya saja keliatannya performanya semakin menurun.

Menggunakan Debian dengan desktop Gnome, yang saya rasakan laptop agak lambat. Karena malas ngoprek hardwarenya, maka saya coba-coba beberapa distro seperti freeBSD, PC-BSD, Linux mint dll, ternyata kurang memuaskan. Sekarang saya mencoba menggunakan Puppy Linux.  Menurut webnya Puppy Linux adalah distro yang paling pas untuk laptop tua dengan hardware terbatas. Setelah baca-baca ternyata ada banyak versi dari Puppy Linux. Ada Slacko yang berbasis Slackware, ada precise dan lucid yang berbasis Ubuntu dan ada wary puppy yang konon katanya untuk PC yang jadul banget.

Akhirnya saya coba donlot slacko, ternyata ukuran ISO-nya sangat kecil. cuman 200an MB. Setelah donlot, ISO tersebut bisa kita burn ke CD ato kita konfigurasi di USB. Puppy Linux ini ternyata berbentuk Live CD, sehinggi kita tidak perlu repot dengan installasi dan format HD. Setelah di-burn ke CD saya coba restart, loading awal agak lama.  Tapi Puppy berhasil mengenali semua perangkat pada Laptop saya. Kesan pertama Puppy ini mudah dan kencang. Koneksi ke internet juga mudah. Bahkan saya coba mainkan film dan lagu pun laptop masih terasa ringan. Kelebihannya karena Desktop Puppy tidak menggunakan Gnome atau KDE, tapi menggunakan JWM. Sekilas seperti tampilan Gnome versi lama, atau windows 95. Tapi cukup nyaman. Pemakaian memori juga sangat kecil. Slacko sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan seperti libre, vlc, dll. Kita juga bisa menginstall macam2 aplikasi lainnya yang ada di repo. Untuk versi Slacko yang punya aplikasi lebih lengkap bisa dicoba Fat Slacko.

Kalo teman2 punya pc atau laptop jadul, daripada dibiarkan di gudang, OS ini layak untuk dijadikan penyelamat. Informasi tentang OS ini bisa dilihat pada link berikut

http://puppylinux.org/

Untuk mengunduh bisa dilihat disini

http://distro.ibiblio.org/puppylinux/

http://ftp.nluug.nl/ftp/pub/os/Linux/distr/puppylinux/

puppy linux slacko
puppy linux slacko

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran