Si Anak Cahaya karya Tere Liye

Akhir pekan ini saya baru saja tamat membaca buku Si anak cahaya karya Tere Liye. Buku ini bercerita tentang perjuangan Nur, mamaknya burlian dll dari serial anak mamaknya Tere Liye. Nur ini hidup di sebuah kampung di pedalaman Sumatera. Nur kecil ini adalah seorang anak yang cerdas.

Ada banyak cerita petualangan dia di buku ini. Diantaranya Nur yang masih kecil harus berangkat ke kota kabupaten untuk menemui Dokter, karena bapaknya sedang sakit. Kemudian ada cerita petualangan juga ketika Nur dan tiga sahabatnya harus menjaga ladang dari serangan babi hutan dan harimau. Ada juga cerita lucu ketika Nur dan tiga kawannya diangkat menjadi murid dukun beranak di kampungnya.

Yang gak kalah serunya juga ketika kampung mereka sedang mengalami krisis karena hasil panennya kurang, Nur mencoba mencari uang dengan membuka usaha di stasiun kereta api. Selain itu ada kisah tentang seorang Dukun sakti yang tinggal di kampung tersebut. Dan juga kisah perjodohan Nur dengan S. Oiya ada cerita juga tentang lahirnya Unus, adiknya Nur alias pamannya Pukat cs yang kelak suka ngebonceng mereka naek motor trail.

Di buku ini ada juga kisah masa muda bapaknya Nur yang sempat terjerumus ikut kegiatan organisasi pemuda komunis. Kisah lama yang kemudian menghantui kampung mereka, ketika Dulikas mencari bapaknya Nur untuk balas dendam.

Ada banyak kisah seru yang diceritakan Tere Liye di buku ini. Buku ini seru, kocak namun juga mengandung banyak hikmah. Keren banget! Jadi penasaran nih, bakal ada lanjutannya gak ya cerita serial ini? Kalo ada kira-kira sosok siapa ya yang bakal diceritain? Oiya serial anak mamak ini sekarang diterbitkan lagi dengan kemasan baru, jadi serial anak nusantara.

Selamat membaca!

One thought on “Si Anak Cahaya karya Tere Liye”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.