Kuliah Umum tentang CTF di IT Del

Kemaren saya mendapat kesempatan untuk memberi kuliah umum di Institut Teknologi Del. Kampus ini letaknya di sisi danau Toba tepatnya di Laguboti Sumatera Utara. Dari Bandara Silangit jaraknya sekitar 45 menit menggunakan kendaraan. Tapi dari Medan lumayan jauh, sekitar 6 jam katanya.

Walaupun lokasinya lumayan jauh namun kampusnya keren. Di kampus ini saya diminta untuk memberi kuliah umum tentang CTF (Capture the Flag). Pesertanya  banyak,  ada sekitar 200 mahasiswa dari D3 Teknik Komputer, D4 Teknik Informatika dan S1 Teknik Informatika.  Sebelum kuliah saya disambut dengan lagu Mars IT Del, yang dinyanyikan dengan penuh semangat oleh para mahasiswa dan dosen. Bahkan diikuti juga dengan gerakan2 bertepuk tangan, menghentakan kaki dll. Jadi mengingatkan saya dengan suasana ketika mengikuti bintal di Secapa.

Materi kuliah umum ini adalah pengenalan tentang CTF, berbagai jenis soal CTF, tools apa saja yang diperlukan, serta apa saja yang perlu disiapkan untuk mengikuti lomba CTF. Kampus IT Del ingin mengaktifkan lagi kelompok studi tentang network security yang mereka sebut sebagai cyberarmy. Jadi diharapkan mahasiswa tertarik untuk belajar menjadi satpam jaringan.

Pada sesi diskusi ada banyak pertanyaan menarik yang diajukan siswa, diantaranya ada yang bertanya tentang keamanan web, tentang analisa malware, tentang reverse engineering dll.  Kemudian ditutup dengan selfie bareng. Sebenarnya rencananya saya ingin melakukan live demo untuk menunjukan cara mengerjakan beberapa soal CTF, cuman sayangnya ada kendala teknis. Karena kabel VGA nya gak nyampe, cuman ada di meja operator yang posisinya di lantai 2, lumayan jauh dari panggung.

Oiya kunjungan ke kampus ini cukup berkesan buat saya, karena agak berbeda dengan kampus lainnya saya lihat mahasiswanya lebih disiplin. Setiap bertemu di jalan saya selalu disapa selamat pagi pak. Sepertinya memang diajarkan seperti itu oleh dosennya. Kemudian yang menarik juga ada ritual makan bersama di kantin. Sepertinya disana jam makan sudah ditentukan, sebelum makan para siswa berbaris rapih di depan kantin. Sementara itu petugas kantin dan mahasiswa piket menyiapkan makanan yang sudah dibagi2 porsinya di meja. Setelah itu siswa masuk ke kantin dengan rapih, meletakan tas dan barang2nya dengan rapih, berdoa dan makan bersama. Setelah itu mereka berbaris lagi dengan rapih untuk meletakan piringnya di tempat yang sudah disiapkan dan mencuci sendok garpu. Ada juga yang berbaris mengantri di keran. Ternyata untuk mengisi botol minumannya. Katanya air keran tersebut mengalirkan air yang sudah layak minum. Konon menggunakan teknologi penyaringan air sumbangan dari australia. Karena semua mahasiswa tinggal di asrama di kampus, jadi ritual ini dilakukan 3x sehari makan pagi, siang dan malam. Saya sempat bertemu dengan bapak rektor juga yang ikut makan di kantin.

Selain itu juga sepertinya kampusnya cukup aman. Karena ketika jam makan saya lihat banyak mahasiswa yang meninggalkan tasnya di kelas maupun di kursi gazebo tempat mereka belajar bersama. Para siswa juga sepertinya diharuskan menggunakan atribut pin IT Del di bajunya, membawa payung, tempat minuman dan sendok garpu. Semoga sukses IT Del. Horas!

Berikut saya share slide tentang kuliah umum CTF di IT Del. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Kuliah Umum tentang CTF di IT Del”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran