Visitasi Asesor

Hari sabtu ini berbeda dari biasanya. Biasanya hari sabtu adalah waktunya berkumpul dengan keluarga di rumah. Tapi sabtu kali ini tidak seperti biasanya para dosen prodi kami sudah berkumpul di kampus. Memang prodi D3 teknik komputer sedang sibuk mempersiapkan diri untuk visitasi Assessor hari senin ini. Visitasi Asesor dari Dikti merupakan satu bagian penting dalam proses akreditasi. Prodi kami sedang mengajukan akreditasi ulang ke Dikti.

Akreditasi sendiri merupakan proses penilaian kualitas prodi yang dilakukan oleh Dikti (Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi). Terdapat isian puluhan standar mutu yang harus dilengkapi prodi. Biasanya terdapat berbagai Standar yang harus dilengkapi, antara lain  visi, misi, tujuan dan sasaran; sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; Mahasiswa dan lulusan; Sumber daya manusia; Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama

Standar-standar ini kemudian dituangkan dalam 3 Berkas Penilaian seperti Laporan evaluasi-diri program studi, Borang akreditasi program studi,dan  Borang akreditasi unit pengelola program studi.  Dokumen-dokumen tersebut mengandung sejumlah elemen penilaian yang kemudian diuraikan dalam sejumlah deskriptor. Dokumen ini kemudian diperiksa oleh Assessor (Penilai) yang ditunjuk oleh Dikti. Masing-masing elemen akan diberi nilai misalnya 4 untuk sangat baik, 3 baik dst. Setelah itu Assessor akan melakukan kunjungan (visitasi) untuk melakukan verifikasi ke lapangan. Kemudian setelah dirapatkan di BAN-PT nanti akan keluar nilai akreditasi yang berasal dari penjumlahan seluruh elemen penilaian. Untuk mendapatkan A kurang lebih dibutuhkan nilai penjumlahan seluruh eleman 361 – 400.

Pada proses akreditasi sebelumnya prodi kami mendapat nilai C. Memang hasil yang cukup mengecewakan.  Tapi bila diingat pada waktu itu, prodi baru berumur 2 tahun. Sehingga memang masih banyak kekurangan, baik dari sisi lab, Dosen, jumlah peneilitian, dll.Bahkan saat itu kami belum memiliki alumni. Sehingga banyak poin-poin penilaian yang tidak terpenuhi. Ibaratnya seperti bayi berumur 2 sudah disuruh ikut lomba lari.

Saat  ini 5 tahun kemudian tentunya kondisinya tidak sama. Kami sudah banyak berbenah dan memperbaiki kualitas pengajaran, sarana dll. Tim akreditasi pun sudah sejak lama mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Semoga saja kali ini perjuangan dan pengorbanan seluruh elemen prodi, mahasiswa dan institusi mendapatkan hasil yang terbaik.

Amin!

http://sindiker.dikti.go.id/dok/permendikbud/Permendikbud-Nomor-87-Tahun-2014_AKREDITASI.pdf

http://ban-pt.kemdiknas.go.id/download-program-studi

http://www.kopertis12.or.id/2011/01/20/hal-hal-yang-perlu-diketahui-dalam-pengusulan-dan-proses-akreditasi-ban-pt.html

http://www.kopertis12.or.id/2011/01/20/hal-hal-yang-perlu-diketahui-dalam-pengusulan-dan-proses-akreditasi-ban-pt.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Akreditasi_Nasional_Perguruan_Tinggi

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.