Chaos Theory for Security

Kemaren saya ikut acara seminar riset ID-SIRTII. Saya akan coba share beberapa materi menarik disini. Keynote Speaker acara ini adalah Prof. Ken Umeno dari Kyoto University. Beliau berbicara tentang penerapan Chaos Theory for Security Issues in IoT dan 5G. Prof Umeno ini adalah orang yang meneliti penerapan teori chaos untuk pengamanan komunikasi CDMA di Jepang. Beliau bahkan memiliki paten pada berbagai penelitiannya tentang chaos teori ini.

Apa sih Chaos ? Chaos adalah kacau atau tidak terstruktur. Teori chaos ini pada ilmu matematik digunakan untuk menemukan sebuah pola dari berbagai fenomena yang terkesan acak / random. Pola ini nantinya digunakan untuk memprediksi angka yang akan timbul berikutnya. Penggunaan teori chaos misalnya pada ramalan cuaca.

Pada bidang security, teori chaos ini digunakan pada Cryptography. Teori Chaos ini membuat random sebuah pesan. Pada bidang komputer nilai random  bila kita pelajari lebih lanjut terdapat sebuah pola. Atau sering disebut juga pseudo-random.  Teori chaos ini menurut beliau dapat digunakan untuk melakukan pengamanan terhadap proses pertukaran kunci pada cryptography (key exchange). Dari hasil pengujian beliau, penerapan theori chaos pada cryptography akan menghasilkan key exchange yang lebih aman dengan penggunaan resource yang lebih efisien

chaos
from itunews.itu.int

Pada konsep Internet of Things, semua device dapat terhubung dengan internet. Nah pada bidang telekomunikasi hal ini akan menjadi masalah. Karena akan ada peningkatan jumlah perangkat yang terhubung ke internet secara infinite. Sementara resource yang dimiliki terbatas. Ini akan menimbulkan permasalahan pada proses switching. Nah beliau mengusulkan teori ini dapat diterapkan untuk mengatasi keterbatasan kanal komunikasi pada 5G. Presentasi yang sangat menarik.

Beberapa bacaan tentang topik ini bisa dilihat disini

https://itunews.itu.int/En/4621-Chaos-theory-as-the-answer-to-limited-spectrum.note.aspx

http://www.abarim-publications.com/ChaosTheoryIntroduction.html

http://www.codeproject.com/Articles/311809/Chaos-Based-Encryption

 

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran