Ganti STNK di samsat Soreang

Bulan ini sebagai warga negara yang baik, saya harus membayar pajak kendaraan bermotor. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini yang saya bayarkan adalah pajak 5 tahunan. Pajak tahunan bisa dibayarkan di Samsat dan samsat outlet terdekat, tapi pajak 5 tahunan  harus datang ke samsat yang mengeluarkan STNK kita beserta kendaraannya (karena ada cek fisik) . Pajak 5 tahunan ini di Samsat dikenal dengan istilah ganti STNK. Disini saya akan  share pengalaman saya ganti STNK di samsat soreang.

Samsat Soreang terletak di Jalan Gading Tutuka. Jalan Gading Tutuka ini kalo dari arah jalan kopo, ambil ke arah selatan (arah pemkab Bandung/stadion jalak harupat)  terus ikuti jalan raya soreang sampai ketemu simpang tiga ada penunjuk arah polres bandung ke kiri. Kalo menurut google maps koordinatnya sekitar 7.0315738,107.5408463,181  . Tidak jauh dari simpang tiga gading tutuka akan terlihat Samsat Soreang. Penampakannya ada dibawah ini.

ganti stnk di samsat soreang
ganti stnk di samsat soreang

Sebenarnya pengurusan ganti STNK ini tidak sulit, hanya saja di Samsat Soreang  informasi yang ada sangat minim. Saya tidak menemukan ada gambar atau pengumuman yang berisi alur pengurusan ganti  STNK ini.  Langkah-langkah pengurusan ganti STNK seperti ini:

1. Foto Copy

Tempatnya di dalam gedung,  beli map, fotocopy KTP, STNK dan BPKB. Saya diminta biaya Rp 5.000,- KTP  dan STNK kita oleh petugas akan dimasukkan ke dalam map.

2.Cek Fisik

Tempatnya di luar dekat parkiran, dibawah canopy. Disini ada 2 petugas yang akan melakukan penggesekan nomer rangka. Mereka menggunakan 2 stiker, untuk menggesek nomer rangka dan nomer mesin. Sebenarnya untuk penggesekan ini tidak dikenakan biaya, hanya saja petugas masih tetap saja meminta biaya “seikhlasnya“. Map yang tadi kita beli akan dipasang stiker yang sudah berisi nomer rangka dan nomer mesin

3. Validasi

Tempatnya di bawah gedung di pojok. Disini map kita akan dicap, selain itu saya diminta menunjukan BPKB asli. Tidak ada biaya

4. Tempat pendaftaran

Setelah dicap, kita serahkan map ke bagian pendaftaran. Tempatnya di dalam gedung di loket 8. Disini data-data kita akan diperiksa, dan BPKB kita akan dikembalikan. Selanjutnya menunggu dipanggil kasir.

5. Kasir

Ini bagian yang cukup lama, saya menunggu sekitar 1 jam baru dipanggil kasir. Setelah membayar, menunggu lagi dipanggil di loket penyerahan STNK,

6. Penyerahan STNK

Pada loket ini kita diberi STNK baru, bukti pembayaran pajak, sama lembar biru yang digunakan untuk mengambil plat nomer (TNKB kalo gak salah nama resminya)

7. Mengambil plat nomer

Tempatnya di luar gedung, bagian kiri belakang. Disini saya menyerahkan lembar biru, dan diminta untuk menyerahkan plat nomer lama. Perlu sedikit perjuangan untuk membuka plat nomer lama, karena saya tidak bawa peralatan yang memadai. Setelah menyerahkan plat nomer lama, saya pun mendapat plat nomer baru dengan nomer yang sama. Plat nomer ini langsung dicetak saat itu juga oleh petugas dengan menggunakan mesin. Tidak ada biaya.

Demikian proses ganti STNK ini. Selain ganti STNK di samsat ini ada juga layanan untuk mutasi STNK (untuk pindah ke daerah lain), duplikasi STNK (kalo STNK kita hilang ), serta balik nama STNK. Secara keseluruhan proses ganti STNK ini cukup baik, hanya memang informasi tentang alur dan prosedurnya tidak ada. Saran saya bawalah obeng, tang dan kunci 10 untuk memudahkan membuka plat nomer (plus paku dan palu untuk pasang plat baru).

Semoga bermanfaat!

48 thoughts on “Ganti STNK di samsat Soreang

  1. Halo mas juli. saya kevin di soreang. kab bandung
    saya mau nanya.
    mtor sya scoopy violet 2011.
    saya mau GANTI STNK ( PAJAK 5 TAHUNAN).
    PKB : 178.500
    SWDKLJJ : 35.000

    berapa total biaya yg hrus sya bayar?
    biaya apa saja yg hrus sya bayar?

    mohon bantuannya ya mas. saya tunggu info balasannya secepatnya.
    thanks.

  2. Bagian menunggu pembayaran kasir sekarang hampir 2 jam (sejak counter dibuka), padahal saya dtng untuk cek fisik di paling pertama (antrian no 1), lebih baik sediakan waktu luang sblum perpanjanh karena terlalu banyak waktu menunggunya.

  3. saya tinggal di cisaat-patrol kec.kuta waringin.. ke samsat mana saya harus balik nama motor saya gan… mohon penjelasanya. trima kasih.

  4. selamat pagi, mas mau tanya, motor saya kan plat nomornya bekasi sekarang saya tinggal di kabupaten bandung, bisa ga sih bayar pajaknya di samsat soreang? trus kalo bpkb nya masih di bank masih bisa pake ftocopyan nya aja ga ya? terimakasih

    1. klo pajak tahunan kayaknya bisa mas, klo yg 5 tahun harus di bekasi. cuman utk cek fisiknya bisa di soreang, nanti hasil cek fisik itu dibawa ke bekasi. jadi motornya gak perlu dibawa ke bekasi. klo gak salah minta keterangan ke bank dulu mas

  5. Saya firmana. Saya mau tanya soal ganti STNK / pajak 5 tahunan. Alamat saya di Baleendah, ke Samsat mana saya harus mengurusnya.? Tapi di SNTN saya ada tulisan Rancaekek, tapi setiap tahun saya bayar pajak tahunan di gerai Samsat (di Kopo) yg khusus kabupaten. Mohon informasinya. Trima kasih sebelumnya.

    1. harus bikin iklan dulu kang di 3 koran. Dulu saya pernah ke balai iklan yang di asia afrika deket simpang lima, bilang aja bikin iklan kehilangan stnk. Bukti iklannya tar dibawa ke samsat

      1. Lama ga mas pengurusan stnk yg hilang di samsat? Beneran biaya ny sekitar 50 ato 80rb? Soalny lewat calo ad yg minta 500-600rb

      1. Kang pami oper nama sareng pajak sabaraha kang motor byson thn 2011. Tapu masih kabupaten

  6. Akang datang ke samsat soreang jam berapa ya? antriannya apa sudah penuh pas akang datang?

    1. saya datengnya waktu itu jam 9 kang, karena cukup jauh dari rumah. Dan sudah cukup rame. Kalo gak salah saya waktu itu jam 12 atau jam 1 sudah beres

      1. Saya baru beli motor second plat bandung, saya mau cabut berkas tp saya bingung cabut berkasnya d samsat yg mana, alamat pemilik d stnk (kp.sindangsari banjaran kulon ) dan di pojok kanan atas tertulis samsat kab.bandung II SRG ,
        Saya mau tanya sm mas juli k samsat mana saya hrs cabut berkas,apakah di samsat soreang?

      1. kalau sabtu bisa gak kang perpanjang yang 5 tahunan? soalnya saya dapat info untuk pergantian plat atau perpanjang 5 tahunan hanya senin sampe jumat. mohon infonya kang

  7. Mf mau tanya…
    Kenapa sekarang ganti stnk 5 tahunan no plat nombernya tidak sama dengan no awal,,,??
    Mohon jawabannya..
    Trima kasih..

    1. O gitu kang? kang denny kapan ganti stnk nya? Di soreang juga. Mungkin kebijakan baru ya kang. waktu saya urus nomernya masih sama kok kang. Jadi cuman ganti plat nomer, nomernya tetap. Thx ya kang sharing infonya

  8. maaf, numpang tanya… kalau ngurus stnk hilang (pemilik bandung kidul) apa betul di samsat soreang & gmn prosedurnya, krn KTP gak ada, trims

    1. setau saya bikin surat kehilangan dulu kang ke kantor polisi terdekat, terus pasang iklan di 3 koran, baru lapor ke samsat soreang bawa surat hilang bukti iklan bpkb dan kendaraannya

  9. Kang mw tanya klo mw blik nma sma pajak 5 tahunan lok bojong soang dsni samsat rancaekek klo ke samsat soreang langsung bsa ga kang

  10. kang,klo tidak ada ktp asli bagaimana? karena yang punya ktpnya lagi dinas keluar kota dan jika nunggu pulang bisa kena denda

  11. Pagi mas. Klo balik nama sepeda motor alamat cileunyi ke daerah cisaat sukawangi kab. Bandung harus mutasi dulu ga ya? Trima kasih

  12. maaf kang mau tanya nih, dulu saya beli motor bekas nah si stnk nya di smsat soreang. nah sekarang saya mau balik nama, saya tinggal di bojong soang. jadi pertanyaan nya saya harus mutasi dari samsat soreang ke rancaekek atawa bisa langsung balik nama di soreang ? makasih

    1. wah saya kurang tau kang, klo gak salah yang di soreang untuk plat nomer D xxxx Zxx; yang di Rancaekek untuk plat nomer D xxxx Vxx dan Wxx belakangnya

      1. Pa. Sayakan bbn motor, sekarang lagi nunggu berkas keluar dari Cirebon buat ke soreang. Nah dari Cirebon dikasih lembar fotocopy yang di cap Samsat Cirebon
        Nah lembar itu ilang. Kalau buat ngambilnya harus ada lembar itu?

    1. pa kalau Ngurus Stnk yang hilang tapi persyaratannya cman Surat kehilangan dari Polsek , surat keterangan dari Leasing sama Photo copy BPKB aja bisa di urusin gak ? makasih

      1. wah saya kurang tau mas, klo gak salah ada syarat harus pasang iklan baris dulu di koran isinya ngumumin tentang stnk kita yang hilang

    1. salah ketik namanya kang? harusnya bisa minta cetak ulang kang di samsat yang menerbitkan. Cuman menurut cerita pengalaman orang lain, petugasnya suka gak mau, katanya harus nunggu pas kita harus bikin baru alias abis masa berlaku. seringnya ditipex aja aja sama petugasnya

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran