Pertemuan tahunan ID-CERT 2014

Hari ini saya diundang ikut pertemuan tahunan ID-CERT ke 6 tahun 2014. Tempatnya di Baros Information Technology and Creative Center (BITC), dekat exit toll Baros. Pertemuan ini merupakan pertemuan tahunan ID-CERT. Agendanya ID-CERT akan melaporkan kegiatan yang telah dilakukan dan rencana kegiatan yang akan dikerjakan ke depan. Yang ikut serta cukup banyak, ada dari Diskominfo, dari perusahaan ICT, ID-SIRTII , gov-CERT ,  komunitas IT dll.

Acara dimulai dengan sambutan dari Bpk Budi Rahardjo selaku ketua ID-CERT. Kemudian dilanjutkan dengan Pak Ahmad yang menceritakan tentang laporan insiden apa saja yang diterima dan ditangani ID-CERT pada tahun 2013. Banyak sekali ternyata insiden yang ditangani ID-CERT. Hanya saja ID-CERT lebih banyak menerima laporan insiden dari luar negeri, sementara dari dalam negeri tidak terlalu banyak. Selain itu juga ID-CERT masih kekurangan SDM dan resource untuk menangani jumlah laporan insiden yang cukup banyak.

pertemuan tahunan idcert
id-cert

Selanjutnya saya mendapat giliran presentasi tentang aktifitas lab Malware. Lab Malware ini  bertugas melakukan riset tentang Malware. Saya melaporkan bahwa ID-CERT baru saja membangun Lab yang bisa digunakan untuk melakukan analisa malware, baik reverse-engineering maupun behavioral analysis.  Masih sederhana memang, dan perlu pengembangan lebih lanjut. Kemudian tentang AP-CERT drill 2014 dimana kami diminta membuat malware pada android. Tentang kegiatan ini saya sudah sempat posting sebelumnya, silahkan baca link berikut. Selanjutnya adalah tentang kegiatan survey malware, dimana kami mencoba mengumpulkan data tentang sebaran malware di Indonesia. Misalnya di Jakarta sedang banyak beredar malware apa, di bandung malware apa dst. Ada juga Malware wiki yang dimaksudkan untuk menjadi sumber referensi tentang malware dalam bahasa Indonesia. Yang terakhir adalah kami sedang mengembangkan malware scanner untuk android.

Acara terakhir tidak kalah seru, yaitu diskusi. Disini dibicarakan topik-topik yang sedang hangat. Bukan tentang koalisi parpol yah, tapi tentang celah keamanan Heartbleed, tentang kasus BGP Indosat, Facebook scam, malware Cryptolocker, malware berkedok java update yang banyak menyerang pengguna speedy, dan tentang kebijakan spam baru di email yahoo.

Acara ini agak sedikit berbeda. Biasanya pertemuan seperti ini diadakan di hotel,  kali ini acaranya lesehan. Di lantai juga banyak tersedia bantal empuk.  Ruangan pertemuan cukup nyaman, dinding berwarna-warni. Tapi yang paling penting sambungan listrik banyak, jadi gak perlu rebutan 🙂

Sebagai penutup, ID-CERT masih membutuhkan banyak SDM, mungkin ada teman-teman yang tertarik jadi relawan ? Ayo kita sama-sama sharing dan saling belajar!

One thought on “Pertemuan tahunan ID-CERT 2014

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran