Web based SSH

Minggu ini di kelas keamanan jaringan saya mengenalkan game overthewire (OTW). Game ini salah satu wargame yang lucu. Jadi sambil main game bisa belajar tentang Linux dan Security. Untuk main game ini kita harus konek SSH ke server OTW. Nah ketika dicoba, ternyata pada gak bisa konek SSH. Sepertinya dari koneksi kampus akses keluar lewat port 22 ditutup. Wah kenapa ya port 22 ditutup? Akhirnya terpaksa menggunakan layanan web based SSH. Ada beberapa yang kami coba di kelas.

Serfish

http://www.serfish.com/console/

Layanan ini cukup bagus, agak lemot dikit, penggunaannya mudah, sepertinya di terminal. Hanya saja ada fitur autentikasi Captcha. Jadi agak menyebalkan karena harus berulangkali memasukkan captcha.

bartlweb

https://tools.bartlweb.net/webssh/

Layanan ini juga bagus, penggunaannya juga mudah, seperti di teminal. Hanya saja lebih lemot dibandingkan serfish.

Sebenarnya ada alternatif lain, menggunakan proxy dan VPN. Cuman akses dari kampus diblok juga 🙂 Selain itu saya baca ada beberapa alternatif menggunakan shellinabox dan web console. Cuman saya belum sempet nyoba. Selain itu kita bisa lakukan tunelling juga koneksi SSH ke port 443. Namun tunelling ini harus dilakukan di server tujuan, yang mau kita akses. Tentunya hanya bisa dilakukan oleh admin server tersebut. Hehe, sayangnya saya bukan admin overthewire.

Ternyata penuh perjuangan buat main game ini. Padahal tadinya saya mengenalkan game ini sebagai bahan refreshing sebelum asesmen kajian 3. Walaupun begitu beberapa siswa masih keliatan antusias nyoba game ini, bahkan sampe keabisan pulsa karena harus tethering dari HP.  Hari itu kami hanya sempat menyelesaikan game bandit di OTW sampe level 12.

Semoga Bermanfaat!

Tentang web console:

http://web-console.org/

Tentang Shellinabox (shell in a box)

https://github.com/shellinabox/shellinabox

tentang ssh tunelling:

https://www.verot.net/socks.htm

Tentang overthewire:

Wargame Overthewire

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran