Audit ISO 9001:2008


Minggu ini tepatnya hari Senin dan Selasa (21-22 September 2015) kampus Telkom University baru saja menjalani Main Audit ISO 9001:2008. Secara bergantian seluruh unit dan fakultas yang ada di kampus didatangi para Auditor dari Bureau Veritas Indonesia. Auditor melakukan pemeriksaan berbagai dokumen serta melakukan interview untuk menguji kualitas mutu di kampus. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menguji apakah kampus Tel-U telah memenuhi standar kualitas mutu Internasional.

Hari pertama Fakultas Ilmu Terapan mendapat kesempatan diaudit selama 1 jam. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan auditor, terkait kelengkapan dokumen, proses pembelajaran serta kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan disini tentunya adalah kepuasan mahasiswa terhadap pengajaran. Data tentang kepuasan mahasiswa diambil dari survey berkala online yang biasanya dilakukan sebelum UTS/UAS. Secara umum auditor cukup puas dengan terhadap dokumen, proses pembelajaran serta kepuasan mahasiswa. Karena kampus telah memiliki pangkalan data yang cukup baik. Tapi ada masukan dari auditor tentang perlu adanya tindak lanjut dari evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap pengajaran.

Hari kedua giliran 7 prodi (program studi) di fakultas kami yang diaudit. Hampir selama 2 jam masing-masing prodi diuji oleh 1 orang auditor. Pertanyaan yang ditanyakan sangat banyak, diantaranya tentang proses pengajaran, kelengkapan dokumen, berkas ujian, kualitas dosen, efisiensi penggunaan anggaran, audit mutu internal dll. Misalnya ditanyakan apakah perkuliahan sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kemudian apakah semua mata kuliah telah memiliki bahan ajar. Bagaimana dengan satuan acara perkuliahan. Berapa persen kehadiran dosen dalam perkuliahan.  Ada juga ditenyakan tentang kinerja karyawan dan dosen. Berapa banyak karya tulis ilmiah yang dipublikasikan. Ada juga ditanyakan tentang proses internal seperti kualitas pelayanan, dll. Dan tentang efektifitas pendanaan.

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang penjaminan mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Lantas apa bedanya sertifikasi ISO ini dengan akreditasi. Akreditasi merupakan pengujian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk seberapa besar kualitas mutu kampus. Apakah kampus sudah memenuhi standar perguruan tinggi di Indonesia. BAN-PT kemudian memberikan nilai A,B dan C . Kampus yang telah terakreditasi berarti kualitasnya telah di akui di Indonesia. Sementara ISO 9001 dilakukan oleh pihak ketiga untuk menguji apakah sebuah kampus telah memenuhi standar mutu internasional.

Hasil akhirnya alhamdulillah kampus Tel-U direkomendasikan untuk mendapat sertifikasi ISO 9001:2008

Semoga bermanfaat!

 


Satu tanggapan untuk “Audit ISO 9001:2008”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran