Belitung Negeri laskar pelangi

Pekan lalu saya jalan2 ke Belitung Negeri laskar pelangi. Perjalanan yang sangat seru, ada banyak tempat menarik  disana. Ada yang mengatakan belitung memiliki potensi menjadi tujuan wisata favorit ke 3 di negeri ini setelah Bali dan Lombok. Belitung merupakan sebuah pulau kecil bagian dari provinsi Bangka Belitung. Dari Jakarta waktu yang kita butuhkan hanya satu jam menggunakan pesawat dengan tujuan Tanjung Pandan.

Sesampainya di Tanjung Pandan, karena kelaparan saya langsung mencoba bakmi udang. Di Tengah kota Tanjung pandan ini ada tugu Batu Satam. Batu ini konon katanya timbul akibat tubrukan meteor dengan permukaan bumi. Orang belitung percaya batu ini berasal dari luar angkasa. Tapi ternyata jenis batuan ini sebenarnya berasal dari mineral di bumi yang muncul ke permukaan akibat tabrakan meteor tadi.

Selanjutnya kami dibawa mengunjungi kawah putih. Gak kalah indah dengan  kawah putih di ciwidey. Bedanya  di ciwidey kawah putih berada di pegunungan yang banyak mengandung belerang. Sementara di belitung kawah ini sebenarnya bekas tambang kaolin.

Kemudian kami dibawa mengunjungi SD mau ambruk di daerah Gantong belitung timur. Sekolah ini merupakan replika SD muhammadiyah yang digunakan untuk syuting Film Laskar pelangi. Tidak jauh dari situ ada museum kata Andrea Hirata. Disana kita bisa menyimak perjalanan hidup penulis yang bukunya sangat laris hingga diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia. Kisah hidupnya cukup menginspirasi.

belitung - negeri laskar pelangi
belitung – negeri laskar pelangi

Tidak jauh dari museum ini ada rumah pak Ahok. Gubernur DKI yang dulunya sempat menjadi bupati belitung timur. Perjalanan kami hari itu diakhiri dengan kunjungan ke pantai tanjung tinggi. Disini terdapat batu-batu granit raksasa di pinggir pantai. Tempat ini cukup unik karena batu-batu ini bukanlah batu karang. Tapi batu granit besar seperti batu Obelisk, dan bergelatakan begitu saja di pinggir pantai. Bentuknya pun beragam. Orang belitung memberi banyak nama pada batu-batu ini, tergantung bentuknya. Ada batu penyu, ada batu berlayar dll

Yang menarik, bagaimana batu-batu besar seperti itu bisa ada di pinggir pantai?  Nah penjelasannya bisa dibaca di blog dosen geologi ITB berikut http://blog.fitb.itb.ac.id/BBrahmantyo/?p=1714

Tulisan berikutnya saya coba share perjalanan hari kedua saya di Belitung, tentang wisata Bahari!

3 thoughts on “Belitung Negeri laskar pelangi”

    1. yes, memang keren dan banyak pilihan wisata. Cuman baiknya dilihat dulu kondisi cuaca, kalo musim hujan agak repot

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran