Wisata bahari di Belitung

Setelah pada hari pertama saya jalan-jalan keliling Tanjung Pandan dsk, pada hari kedua temanya adalah wisata bahari di Belitung. Istilah kerennya island hop.  Kami seharian mengunjungi pulau-pulau kecil nan indah di sekitaran Belitung. Pulau pertama yang dikunjungi adalah Pulau Lengkuas. Di pulau ini terdapat sebuah mercu suar setinggi 65 meter. Mercu suar ini dulunya digunakan untuk memberi arah bagi kapal-kapal yang akan datang ke Belitung.

Mercu suar ini dibangun oleh Belanda dan Inggris pada tahun 1882. Sekarang pengunjung bisa menikmati keindahan pulau-pulau dan batu-batu granit disekitaran pulau dengan naik ke atas mercu suar ini. Hanya saja tidak ada lift di mercu suar ini, jadi kita harus naik tangga. Pulau ini bisa dicapai sekitar 30 menit dari  Tanjung Kelayang dengan menyewa kapal.

wisata bahari di Belitung
Wisata Bahari di belitung – Dari mercu Suar

Setelah menikmati pemandangan dari atas mercu suar, saya kemudian mencoba snorkeling. Subhanallah sangat indah sekali ternyata pemandangan  yang ada di bawah air. Saya berjumpa banyak ikan kecil, ada nemo, ada juga bintang laut alias “patrick” temannya spongebob.

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke pulau Kepayang. Pulau ini menjadi tempat pitstop. Disini kita bisa makan siang, sholat dan mandi. Air di pulau ini cukup bersih, karena bukan dari air laut.

Selanjutnya saya dibawa melintas ke Batu berlayar dan batu penyu. Batu-batu ini merupakan salah satu dari ribuan batu besar yang indah di Belitung. Setelah itu saya mengunjungi pulau pasir. Pulau ini hanya terlihat bila air surut. Pada saat pasang, pulau akan tenggelam. Sebenarnya masih banyak pulau-pulau lainnya yang bisa dikunjungi. Hanya saja saat itu tiba-tiba turun hujan sehingga wisata bahari hari ini pun diakhiri.

Pengalaman yang baru bagi saya untuk wisata keliling-keliling pulau di Belitung. Pantainya pun sangat indah dengan pasir putih yang menggoda. Bagi penggemar makanan laut, di Belitung terdapat banyak sekali pilihan makanan laut yang segar. Yang saya dengar dari penduduk selain wisata bahari, di Belitung juga terdapat Gunung yang sangat indah, yaitu Gunung Baginde.  Semoga lain kali saya bisa kembali lagi ke Belitung.

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran