Blackberry Security

Pada acara NISD 2014 (Nasional Internet Security Day) ada sebuah presentasi dari Bapak Kusuma Lienandjaja perwakilan Blackberry  yang bercerita tentang Blackberry Security. Beliau bercerita bahwa Blackberry merupakan sebuah platform yang aman. Pada tahun 2013 Jerman sempat dihebohkan dengan berita adanya penyadapan terhadap pesawat handphone Kanselir Angela Merkel oleh NSA.Berita ini bersumber dari pernyataan Edward Snowden yang membocorkan dokumen NSA. Jerman kemudian mengadakan sebuah tender dan mengundang perusahaan-perusahaan produsen Handphone yang mampu membuat Handphone yang aman dan anti penyadapan.

Blackberry ternyata memenangkan tender ini. Selanjutnya Blackberry dengan perusahaan jerman SecureSmart membuat Handphone aman yang digunakan oleh Kanselir Jerman. Menurut Pak Kusuma, Blackberry mengamankan semua komunikasi data, suara serta SMS pada perangkatnya. Komunikasi data menggunakan enkripsi dengan algoritma AES-256. Untuk komunikasi suara Blackberry bekerja sama dengan SecureSmart yang mengembangkan teknologi secure voice berbasis voice encryption. Blackberry juga bekerjasama dengan perusahaan antivirus Trendmicro untuk mengatasi malware. Semua aplikasi blackberry harus diuji dulu oleh Trendmicro apakah terdapat malware atau tidak. Selain itu ada juga teknologi TLS-SSL untuk mengamankan komunikasi web. Fitur lainnya yang beliau ceritakan adalah adanya sistem anti maling. Bila Handphone hilang, terdapat layanan untuk mencari lokasi Handphone dan menghapus (wipe) data dari jauh. Menurut pembicara, teknologi pengamanan yang digunakan blackberry telah mendapat sertifikat FIPS 140-2. sertifikat FIPS 140-2 ini merupakan sebuah standar pada modul cryptography.

blackberry security
blackberry security

Presentasi yang cukup menarik. Hanya saja kalau kita memahami prinsip keamanan jaringan, memang tidak ada suatu teknologi yang 100% aman. Tetap selalu ada celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak2 yang tidak berwenang. Misalnya saja, penyadapan dilakukan tidak pada perangkat handphone, tapi dilakukan terhadap server Blackberry. Tapi  komitmen blackberry yang memperhatikan aspek security dalam produknya patut kita acungi jempol. Karena umumnya dalam bisnis, aspek security selalu menjadi hal yang tidak dianggap penting. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran