Cara update Iceweasel

Bagi para pengguna Debian, pasti sudah tidak asing dengan browser Iceweasel. Biasanya default browser untuk komputer Debian adalah Iceweasel. Browser ini dikembangkan oleh tim dari Debian. Browser ini cukup nyaman digunakan. Hanya saja belakangan ternyata saya mengalami sedikit kesulitan untuk melakukan update browser ini.  Ternyata setelah baca-baca updatenya sekarang harus dilakukan manual. Berikut cara update Iceweasel :

Pertama kita harus edit repository dulu

nano /etc/apt/source.list

Tambahin dua repo baru

deb http://backports.debian.org/debian-backports squeeze-backports main
deb http://mozilla.debian.net/ squeeze-backports iceweasel-release

Setelah itu jalankan perintah berikut:

aptitude update
apt-get install -t squeeze-backports iceweasel

Sekilas kalau dilihat Iceweasel sangat mirip dengan browser mozilla Firefox. Memang bowser ini dikembangkan Debian berbasis Firefox. Browser Iceweasel ini dibuat ketika sempat muncul perbedaan pendapat antara Debian Project dan Firefox Corporation, tentang masalah license. Pada tahun 2006 Firefox keberatan dengan pencantuman nama Thunderbird pada distro Debian. Menurut mereka pencantuman nama dan logonya harus sesuai dengan standar Mozilla. Perbedaan ini, kemudian menyebabkan Mozilla mencabut pemberian ijin penggunaan aplikasi mereka pada distro Debian. Setelah dilakukan pembicaaraan itu kemudian disepakati Debian melakukan rebranding/forking terhadap aplikasi mozilla . Aplikasi Mozilla Firefox  diberi nama Iceweasel, Aplikasi email Mozilla thunderbird diberi nama Icedove. Sementara Iceape untuk Mozilla Seamonkey.

Untuk meningkatkan keamanan dan privacy dari browser Iceweasel ini sebaiknya menggunakan plugin no-script. Kemudian gunakan sedikit mungkin ekstensi, karena apikasi-aplikasi tersebut bisa saja mengandung bug. Selain itu ada beberapa tips dari Uwe Hermann untuk meningkatkan performa Iceweasel, dapat dilihat pada link berikut:

http://www.hermann-uwe.de/blog/configure-firefox-iceweasel-3-to-be-more-secure-usable-bearable

cara update iceweasel
from wiki.debian

 Referensi

https://wiki.debian.org/Iceweasel

http://lucasmanual.com/blog/upgrade-to-iceweasel-9-firefox-9-on-debian-squeeze/

http://www.debianuserforums.org/viewtopic.php?f=62&t=2434

http://mozilla.debian.net/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.