Hacker bobol mesin ATM

https://www.flickr.com/photos/101332430@N03/9677860367

Beberapa Bank di Taiwan dilaporkan telah memblokir pengambilan uang di mesin ATM. Hal ini karena di sana baru saja terjadi kasus hacker bobol mesin ATM. Diduga kerugian yang dialami bank mencapai 2 Juta dollar. Ada 8 Bank di Taiwan yang telah melaporkan kasus ini. Mesin ATM yang dibobol adalah mesin ATM buatan Wincor Nixdorf, perusahaan dari Jerman. Ada 900 ATM yang dihentikan operasinya untuk sementara waktu.

Malware ATM

Dari hasil investigasi, hacker menginfeksi ATM dengan malware. Sehingga dengan cara ini ATM dapat mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Sebuah Bank di Taiwan First Bank melaporkan 34 mesin ATM nya telah dibobol oleh hacker.

Menurut penyidik, dari hasil rekaman CCTV hacker tidak terlihat merusak mesin ATM. Hacker juga tidak terlihat menggunakan skimmer. Alat yang biasa digunakan untuk mencuri data kartu ATM.  Dari rekaman hanya terlihat mesin ATM mengeluarkan uang secara otomatis. Sementara dua tersangka bertopeng mengambil uang tersebut.

Menurut penyidik hacker menggunakan 3 jenis malware yang berbeda dalam melakukan aksinya. Hanya saja belum diketahui bagaimana cara hacker menginfeksi malware pada mesin ATM tersebut. Penyidik masih mempelajari kemungkinan adanya orang dalam yang membantu aksi ini.

Connected Device

Penyidik juga menduga Hacker menggunakan “connected device” atau smartphone untuk mengendalikan mesin ATM tersebut. Terlihat hacker menggunakan smartphone pada saat beraksi.

Bulan Mei lalu kasus serupa juga pernah terjadi di Jepang. Saat itu kerugian diduga mencapai 13 Milliar  Dollar. Peneliti dari Kaspersky sebelumnya telah melaporkan penemuan malware yang mampu membuat hacker menguras uang di mesin ATM.

Menurut berita perusahaan Wincor Nixdorf mengakui beberapa mesin ATMnya di Taiwan dibobol hacker. Berikut kutipan pernyataannya “the company admitted that some of its ATM in Taiwan were hacked as part of a “premeditated attack.” Walaupun begitu perusahaan ini telah mengirimkan para teknisinya untuk membantu polisi Taiwan dalam proses penyidikan.  Menurut perusahaan Wincor Nixdorf belum ditemukan bukti hacker menginfeksi malware langsung dari mesin ATM tersebut.

Semoga kasus ini cepat diungkap, dan dikembangkan cara untuk mencegah terjadinya serangan seperti ini.

Semoga Bermanfaat!https://www.flickr.com/photos/101332430@N03/9677860367

sumber http://www.reuters.com/article/us-taiwan-banks-theft-idUSKCN0ZT0Y6

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran