Install DIA di Linux (Diagram Editor)

Judul post kali adalah instal DIA di Linux. Dia disini bukan si dia, alias pacar, atau dia nan jauh disana. Tapi aplikasi open source untuk membuat diagram. Pembuat aplikasi ini terinspirasi dengan Microsoft Visio. Hanya bedanya DIA ini open source alias free. Daripada sibuk cari crack atau cd bajakan Visio lebih baik pake si Dia.

Si DIA ini bisa digunakan untuk menggambar berbagai jenis diagrams, contohnya untuk ER diagram, UML diagram, flowchart, diagram jaringan dan lain-lain. Gambar kita bisa dieksport ke dalam format XML, EPS, PNG dll. Format EPS ini masih dalam bentuk vektor, sehingga dapat memudahkan untuk di print. Biasanya kalo gambarnya tidak dalam bentuk vektor pas di print agak sedikit patah2, terutama kalo diresize, nah kalo pake EPS ini pas di print gambarnya mulus.

Dia

Si Dia ini tersedia untuk Linux Windows dan Mac. Cukup ringan juga digunakan. Untuk instalasi di linux gampang, tinggal buka terminal dan ketik perintah berikut:

apt-get install dia

OSi Dia menyediakan juga banyak bentuk diagram lainnya, seperti template untuk bangunan, diagram alat-alat kimia, rangkaian digital dan lainnya yang bisa diunduh pada link berikut:

http://dia-installer.de/shapes/index.html

Dokumentasi cukup lengkap bisa dilihat pada link berikut:

https://wiki.gnome.org/Apps/Dia

Selain itu si DIA juga bisa menerima script di phyton. Selamat mencoba si DIA

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.