Makna Ikhlas

Tadi pagi denger ceramah di radio tentang ikhlas. Seru juga bahasannya. Berikut ini  beberapa hal yang saya ingat tentang kajian tadi. Dalam aktifitas sehari-hari kita sering mendengar kata ikhlas, misalnya klo lagi dapet cobaan kehilangan sesuatu tar temen kita ada yang bilang, dah ikhlasin bro. Sebenarnya apa sih ikhlas itu?

Kalo kita liat di quran juga ada banyak disebut kata ikhlas, konon ada 31 kali. Misalnya dalam Q.S Al Bayyinah ayat 5:

Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)

Menurut Hamka, ikhlas adalah bersih dan tidak adanya campur tangan suatu apapun. Disini maksudnya beribadah harus bersih niatnya. Ada hadis yang menyatakan Innamal a’malu binniyah. Waimnama likullimriin ma nawa. Semua amalan dasarnya adalah niat dan semua perbuatan bergantung pada apa yang kita niatkan. Kalau niatnya semata-mata karena Allah SWT. Maka akan mendapat balasan dari Allah SWT. Kalau tidak karena Allah maka akan sia2 amalannya.

Menurut kajian tadi, kalo kita Ikhlas amalan yang kecil bisa jadi besar balasannya. Dan begitu juga sebaliknya, amalan yang besar, tapi kalau tidak ikhlas bisa jadi kecil di mata Allah.

Ada yang memaknai Ikhlas itu dengan menutupi kebaikannya, atau tidak mengumbar atau pamer amalan dan kebaikannya. Ada ungkapan yang menyebutkan orang yang infaq dengan tangan kanannya, saking ikhlasnya, bahkan tangan kirinya saja gak tau.

Ada yang memaknai ikhlas adalah suatu pekerjaan yg dilakukan tanpa mengharapkan penglihatan dari org. Dalam surat Al Hijr 39 disebutkan Orang yang ikhlas tidak bisa diganggu syetan

Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma’siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya. kecuali hamba-hamba Engkau yang ikhlas di antara mereka.” (QS. Al Hijr: 39-40).

Salah satu latihan untuk bisa ikhlas adalah dengan berpuasa. Semoga bermanfaat!

referensi

https://muslim.or.id/20011-serial-16-alam-jin-setan-tidak-bisa-menguasai-hamba-allah-yang-sholeh.html

Ikhlas itu Apa Sih? Ini Lima Maknanya dalam al-Qur’an

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran