Pelatihan pembuatan reaktor Biogas

Akhir pekan kemarin saya ikut hadir di acara seru yaitu pelatihan pembuatan reaktor Biogas di Imah Noong Lembang. Acara ini diadakan oleh Ikatan Alumni ITB komisariat 93. Acara ini merupakan  kegiatan sosial alumni ITB 93 di desa Wangunsari Lembang. Kegiatan ini dinamakan pendampingan desa. Di desa ini banyak warga yang memiliki ternak sapi perah. Pada kegiatan ini para alumni mengajarkan kepada para warga desa untuk memanfaatkan kotoran sapi untuk dapat menjadi bahan bakar untuk memasak.

Kotoran sapi biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Lebih dahsyat dari aroma kentut kita. Aroma ini berasal dari gas methana  (CH4) yang dihasilkan oleh bakteri methanogen yang hidup di kotoran sapi. Menurut penelitian dari 60% dari gas yang dikeluarkan kotoran sapi merupakan gas methana. 40% lagi adalah gas CO2. Gas methana inilah yang kemudian diambil dan digunakan untuk memasak.

Bakteri methanogen ini memang secara alami hidup dalam  limbah organik, seperti kotoran binatang, manusia, dan sampah organik rumah tangga.  Hanya saja menurut penelitian kotoran sapi yang menghasilkan gas yang lebih banyak. Menurut pemateri, dengan ukuran reaktor 1000 liter, gas yang dihasilkan bisa digunakan untuk memasak 3-4 rumah. Pemateri yang juga salah satu penggagas little farmer di Cisarua ini telah memasang sekitar 100 reaktor biogas di kalimantan, sumatera dan jawa. Menurut beliau sejauh ini reaktor ini telah banyak digunakan oleh warga. Warga juga merasa puas karena tidak lagi perlu antre membeli gas. Selain itu sejauh ini reaktor ini cukup aman.
Reaktor biogas ini sebenarnya berupa tangki, seperti tangki air berukuran besar yang telah dibolongi di dua sisinya. Sisi satu disambungkan dengan pipa yang terhubung ke kandang sapi. Pipa ini sebagai tempat masuknya kotoran sapi. Sementara sisi lainnya merupakan tempat keluarnya gas. Tangki ini ditanam di bawah tanah seperti kita memasang septic tank.  Menurut pemateri biaya pemasangan 1 unit reaktor biogas ini sekitar 10 juta. Untuk desa Wangunsari biaya pemasangan reaktor biogas ini telah dibayarkan secara urunan oleh para alumni ITB 93.  Selain itu alumni juga memberikan beasiswa untuk 2 siswa SD sebesar 300 ribu perbulan.
Kegiatan yang sangat bermanfaat dan patut kita tiru. Semoga bermanfaat!
Beberapa tulisan tentang reaktor Biogas:
contoh video youtube tentang reaktor biogas
https://www.youtube.com/watch?v=gUXnoqZUNsQ

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran