Pulau Selaru

Sejak setahun lalu Politeknik Telkom bergabung dengan IT Telkom, IM Telkom dan Stisi Telkom menjadi Telkom University. Salah satu efek penggabungan ini adanya penamaan ulang seluruh gedung di kampus. Nama-nama gedung sekarang diambil dari nama-nama pulau terluar di Indonesia. Gedung tempat saya bekerja sekarang dinamakan Gedung Selaru. Sebenarnya dimana sih Pulau Selaru?

Ya sebelumnya saya juga tidak tahu. Setelah mencoba agak kepo, ternyata pulau ini terletak di perbatasan laut Timor dan laut Arafura. Wah saya langsung terkenang Laksamana Yos Sudarso. Nah pulau Selaru ini berbatasan langsung dengan Australia. Pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, provinsi Maluku. Kapal-kapal dari Australia dari Darwin sering menjadikan pulau ini sebagai tempat singgah.

Pulau ini masuk dalam gugusan kepulauan Tanimbar. Terdapat 65 pulau kecil yang membentuk kepulauan Tanimbar. Dalam kepulauan Tanimbar, selaru merupakan yang terbesar kedua setelah pulau Yamdena. Penduduk yang mendiami wilayah ini disebut suku Selaru. Konon wilayah ini terkenal dengan kain tenun Ikat. Kain ini dibuat masih secara tradisional.

Kalau dilihat dari beberapa foto keliatannya pulau ini memiliki pantai yang bersih. Melihat foto indahnya pulai ini, saya terikat masa kecil saya. Waktu kecil saya sempat merasakan tinggal di pulau yang dekat dengan perbatasan. Waktu itu saya tinggal di Pulau Bunyu Kalimantan Timur. Dekat dengan Malaysia. Disana lebih banyak barang-barang Malaysia yang saya temukan. TV juga lebih jelas tv malaysia. Ada RTM TV3 dll. Sehingga sebagai anak kecil pun saya sudah hafal lagu kebangsaan Malaysia, karena tiap hari saya sering lihat lagu itu di TV.

Mungkin kita harus lebih memperhatikan warga kita yang tinggal di pulau-pulau terluar ini. Karena seringkali mereka terlupakan. Padahal umumnya daerah-daerah ini seringkali memiliki potensi alam yang luar biasa. Yang saya rasakan justru negara tetangga yang lebih peduli dengan kondisi mereka. Mari kita mulai mengenal pulau-pulau terluar di Indonesia. Mungkin suatu hari saya dapat berkunjung ke Pulau Selaru.

Semoga bermanfaat!

bacaan:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Selaru

http://www.east-indonesia.info/regions/maluku-travel-information-selaru.html

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.