Tentang teknologi Digital Signage

Pada sebuah forum, Bapak Rektor Prof. Mochamad Ashari bercerita tentang teknologi Digital Signage. Beliau mengajak para dosen menerapkan teknologi Digital Signage di kampus.   Sebagai kampus yang berbasis IT, beliau berharap kampus Tel-U menjadi kampus yang terdepan dalam mewujudkan penerapan Smart Campus.

Teknologi Digital Signage adalah teknologi digital yang digunakan untuk menampilkan informasi di tempat umum. Contoh Digital Signage adalah menggunakan LCD, LED atau proyektor untuk menampilkan informasi, video maupun gambar secara interaktif. Beliau menampilkan video contoh penerapan digital signage, seperti pada video berikut:

Video tersebut menampilkan berbagai teknologi digital signage yang dikembangkan oleh Intel. Kemudian Pak Rektor bercerita juga tentang museum Samsung Innovation Museum. Dalam salah satu kunjungan ke Korea, beliau sempat mampir di Museum ini. Museum tersebut memiliki berbagai teknologi digital signage yang keren. Contohnya bisa dilihat pada video berikut ini:

atau ada video versi lainnya di bawah ini:

Nah Pak Rektor mengajak para dosen untuk membuat inovasi penggunaan teknologi digital signage di kampus. Misalnya di Lift bisa dipasang sebuah layar yang menampilkan berbagai informasi tentang kampus. Layarnya misalnya bisa diambil dari Ipad jadul. Yang penting Ipad ini terhubung ke internet, sehingga bisa content media atau informasi yang ditampilkan bisa diambil dari Internet.

Atau beliau mengusulkan bisa juga menggunakan perangkat intel compute stick. Perangkat kecil seperti USB yang bisa digunakan untuk memanfaatkan Televisi HDMI menjadi sebuah komputer. Jadi misalnya kita lagi jalan, tidak bawa laptop, kemudian tiba-tiba dapat tugas dari bos untuk mengedit sebuah dokumen. Nah cari pinjeman komputer kita bisa pasang perangkat intel compute stick ini ke sebuah TV, kemudian TV ini bisa kita gunakan seperti sebuah komputer.

Jadi sebuah perangkat TV bisa kita gunakan untuk menampilkan informasi dengan menggunakan perangkat intel compute stick ini. Bahkan Pak Rektor berharap nantinya Tel-U mempunyai sebuah ruangan Hall of Fame yang menampilkan karya-karya terbaik mahasiswa dengan menggunakan teknologi digital signage. Terima kasih Prof Ashari atas inspirasinya. Ayo para mahasiswa atau dosen, ada yang tertarik untuk membuat penelitian tentang digital signage?

Semoga Bermanfaat!

tentang digital signage

https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_signage

http://www.intel.com/content/www/us/en/retail/retail-digital-signage.html

http://www.digitalsignagetoday.com/

tentang samsung innovation museum

http://www.samsunginnovationmuseum.com/index.jsp

tentang Intel Compute Stick

http://www.intel.com/content/www/us/en/compute-stick/intel-compute-stick.html

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran